Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pupuk Organik Cair dan Pupuk Kandang Kambing terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Caisim (Brasicca chinensis)

SUSWANTO, Heri (2016) Pengaruh Pupuk Organik Cair dan Pupuk Kandang Kambing terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Caisim (Brasicca chinensis). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (969kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (973kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (981kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Caisim merupakan tanaman sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Meningkatnya minat masyarakat terhadap sayur-sayuran, khususnya caisim dapat memberikan motivasi yang kuat bagi petani untuk mengusahakan dan membudidayakan sayuran caisim secara intensif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1) konsentrasi terbaik pupuk organik cair (POC) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim, 2) dosis terbaik pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim, 3) kombinasi terbaik antara konsentrasi pupuk organik cair dan dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas pada ketinggian tempat ± 580 meter di atas permukaan laut (dpl). Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan RAKL (Rancangan Acak Kelompok Lengkap) sembilan perlakuan dengan empat ulangan. Perlakuan yang dicoba terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi POC dan dosis pupuk kandang. Konsentrasi POC terdiri dari tiga taraf yaitu C0:0 cc/l, C1:10 cc/l, dan C2:20cc/l, sedangkan dosis pupuk kandang terdiri dari tiga taraf yaitu K0:0 ton/ha, K1:10 ton/ha, dan K2:20 ton/ha. Data yang diperoleh ditabulasi, dianalisis dengan uji F dengan taraf kesalahan 5% untuk mengetahui pengaruh masing-masing perlakuan yang dicoba pada variabel yang diamati. Apabila terdapat keragaman maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan DMRT dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi POC dan dosis pupuk kandang memberikan pengaruh terhadap semua variabel pertumbuhan dan hasil tanaman caisim, kecuali bobot tajuk segar. Semua perlakuan memberikan interaksi yang baik. Perlakuan terbaik yaitu pada taraf K: 20 ton/ha dan C:10 cc/l yang meningkatkan hasil bobot tanaman segar sebesar 46,5 % di bandingkan kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16316
Uncontrolled Keywords: Budidaya caisim, Pemupukan
Subjects: F > F121 Fertilizers
V > V31 Vegetables
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:21
Last Modified: 12 Apr 2022 07:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15484

Actions (login required)

View Item View Item