Rancang Bangun Prototipe Traffic Bump Pegas dan Analisis Respon Traffic Bump Pegas terhadap Kinerja Pompa

KHOZIN, Atep (2016) Rancang Bangun Prototipe Traffic Bump Pegas dan Analisis Respon Traffic Bump Pegas terhadap Kinerja Pompa. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (952kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (935kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (927kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu cara untuk menghasilkan energi alternatif adalah dengan memanen energi dari suatu mekanisme. Salah satu contohnya adalah memanen energi dari mekanisme polisi tidur. Polisi tidur merupakan suatu alat atau bagian instrumen lalu lintas yang berfungsi untuk membatasi kecepatan dengan cara meninggikan permukaan jalan. Selama ini polisi tidur hanya digunakan untuk memperlambat laju kendaraan yang melewati jalan, padahal jumlah kendaraan yang melewati polisi tidur tersebut sangat banyak tiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merancang dan memodifikasi polisi tidur yang mampu mengubah energi mekanik dan energi potensialnya menjadi sumber energi penggerak pompa air, 2) Melakukan studi pengaruh bobot dan laju kendaran terhadap respon polisi tidur model massa-pegas-peredam pada sistem pengangkatan air oleh pompa. Penelitian dilaksanakan di bengkel CV. Bhuana Agrotech dan bengkel Pak Said yaitu di Desa Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas.Untuk uji fungsional dilaksanakan di Laboratorium alat dan mesin pertanian, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.Beberapa tahapan penelitian ini terdiri dari tahap perancangan, manufaktur, pengujian dan evaluasi hasil pengujian. Pengujian dilakukan dalam bentuk uji fungsional prototipe traffic bump pegas dengan variabel yang diamati meliputi: berat kendaraan (W), gaya tekan roda depan kendaraan (Wf), gaya tekan roda belakang kendaraan (Wr), kecepatan kendaraan (v), dan debit air (Q). Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain dan prototipe traffic bump pegas dibagi menjadi 4 (empat) sistem, yaitu: 1) Rangka yang memiliki dimensi 100 cm x 40 cm x 82,5 cm (panjang x lebar x tinggi), 2) Sistem Transmisi, 3) Sitem Kaki Ayun (pedal pegas), 4) Sistem Pompa. Uji fungsional prototipe traffic bump pegas dilakukan dengan 3 (tiga) jenis kendaraan yaitu New Honda Beat eSP dengan berat (W) 154 kg , Honda Absolute Revo dengan berat (W) 157 kg, dan Yamaha Vixion 2012 dengan berat (W) 178 kg dengan 2 variasi kecepatan, 10 km/jam dan 20 km/jam. Hasil yang didapatkan adalah energi terbesar yang diterima oleh pompa yaitu pada kecepatan 20 km/jam, New Honda Beat eSP sebesar 0,3942 kW dengan jumlah air (Q) 37,33x10-6 m3/s, Honda Absolute Revo sebesar 0,6322 kW dengan jumlah air (Q) 126,5x10-6 m3/s, Yamaha Vixion 2012 sebesar 0,8503 kW dengan jumlah air (Q) 170,14x10-6 m3/s. Hasil ini, dapat digunakan sebagai acuan pada penelitian selanjutnya, dengan modifikasi beberapa bagian transmisi daya untuk meningkatkan kinerja pompa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16354
Uncontrolled Keywords: Energi alternatif, Mesin pertanian, Pompa
Subjects: A > A140 Agricultural machinery
P > P661 Pumping machinery
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:17
Last Modified: 13 Apr 2022 01:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year