Analisis Komparatif Biaya dan Pendapatan Pengrajin Gula Kelapa Kristal Anggota dan Non-Anggota Koperasi Nira Perwira Desa Candinata Kecamatan Kutasari, Purbalingga

AMIRUDIN, Mafud (2016) Analisis Komparatif Biaya dan Pendapatan Pengrajin Gula Kelapa Kristal Anggota dan Non-Anggota Koperasi Nira Perwira Desa Candinata Kecamatan Kutasari, Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (980kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (905kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sektor agroindustri berperan penting dalam pembangunan pertanian, oleh karena itu pembangunan pertanian yang dikaitkan dengan pengembangan agroindustri perlu diarahkan ke wilayah perdesaan. Salah satu hasil pertanian yang dapat digunakan dalam agroindustri perdesaan adalah gula kelapa kristal. Gula kelapa kristal diproduksi dari bahan baku nira yang dihasilkan dari penyadapan mayang (bunga) tanaman kelapa. Gula kristal yang diproduksi oleh para pengrajin gula, salah satunya berasal dari Desa Candinata, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Desa Candinata merupakan salah satu daerah di Kabupaten Purbalingga yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin gula kelapa kristal. Banyaknya petani gula di Desa Candinata yang memproduksi gula kelapa kristal memberikan dorongan bagi pengrajin untuk membentuk lembaga koperasi yang diberi nama Koperasi Nira Perwira Purbalingga. Hadirnya koperasi nira perwira di Desa Candinata diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pengrajin gula kristal terutama pengrajin yang menjadi anggota koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Besarnya biaya dan pendapatan pengrajin gula kristal anggota koperasi, 2) Besarnya biaya dan pendapatan pengrajin gula kristal non anggota koperasi, 3) Perbedaan biaya dan pendapatan pengrajin gula kristal antara anggota dan non anggota koperasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Candinata, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Penelitian dilaksanakan sejak April hingga Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan menggunakan metode random sampling dalam menentukan responden pengrajin. Responden yang diperoleh sebanyak 32 orang anggota koperasi dan 30 orang non anggota koperasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis finansial yang meliputi analisis biaya dan pendapatan serta uji komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) berdasarkan analisis finansial besarnya biaya dan pendapatan pengrajin anggota koperasi yaitu masing – masing Rp642.109,00 per bulan dan Rp1.632.344,00 per bulan 2) berdasarkan analisis finansial besarnya biaya dan pendapatan pengrajin non anggota koperasi yaitu masing – masing Rp692.693,00 per bulan dan Rp1.459.157,00 per bulan, dan 3) Hasil uji komparatif dalam analisis finansial menunjukkan bahwa pendapatan pengrajin gula kristal anggota koperasi lebih besar daripada pendapatan pengrajin gula kristal non anggota koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16361
Subjects: A > A136 Agricultural industry
C > C839 Cooperative agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:28
Last Modified: 13 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15509

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year