Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemuda terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

PANGUKIR, Gading (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemuda terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (921kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (905kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (987kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat merupakan kecenderungan yang mengarahkan manusia terhadap bidang yang ia sukai dan tekuni tanpa adanya keterpaksaan dari pihak lain. Minat pula yang mengarahkan manusia untuk berprestasi dalam berbagai hal atau bidang yang ia sukai dan tekuni. Mengetahui minat pemuda terhadap perkerjaan pertanian menjadi sesuatu yang penting demi peningkatan pembangunan nasional yang notabene adalah negara agraris. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis minat pemuda terhadap pekerjaan sektor pertanian di Desa Gombong, 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemuda terhadap pekerjaan sektor pertanian di Desa Gombong. Penelitian ini dilakukan di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2015, dengan objek penelitian pemuda berumur 16 hingga 30 tahun. Metode pengambilan sampel pemuda yang digunakan adalah metode Stratified Random Sampling. Analisis yang digunakan yaitu analisis Likert Summated Ratings, Method of Successive Interval, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Minat pemuda terhadap pekerjaan di sektor pertanian secara keseluruhan adalah sedang 2) Faktor yang mempengaruhi minat pemuda terhadap pekerjaan di sektor pertanian adalah pendapatan, peran orang tua, dan kesempatan bekerja, sedangkan umur, pendidikan, kepemilikan lahan, pengalaman bekerja, kontak media, dan tanggungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat pemuda terhadap pekerjaan pertanian di Desa Gombong. Saran yang dapat diajukan yaitu 1) Upaya peningkatan minat pemuda melalui kajian secara rutin dalam wadah kelompok tani ataupun organisasi pemuda tentang segala hal yang menyangkut pertanian 2) Perlu adanya kajian lanjutan mengenai pengaruh organisasi atau kelompok terhadap minat pemuda bekerja di sektor pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16364
Uncontrolled Keywords: Minat Pemuda, Pekerjaan, Pertanian, Pemalang
Subjects: A > A138 Agricultural laborers
M > M567 Motivation Psychology
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:29
Last Modified: 13 Apr 2022 07:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year