Mikropropagasi Tanaman Jeruk Siam (Citrus nobilis) dengan Kombinasi Perlakuan BAP dan NAA pada Eksplan Epikotil dan Ujung Tunas

PRASETYO, Indra Sella (2016) Mikropropagasi Tanaman Jeruk Siam (Citrus nobilis) dengan Kombinasi Perlakuan BAP dan NAA pada Eksplan Epikotil dan Ujung Tunas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (902kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (997kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jeruk (Citrus sp.) merupakan komoditas buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi.Produksi jeruk nasional mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam lima tahun terakhir. Oleh karena itu, produktivitas jeruk nasional sangat perlu untuk ditingkatkan untuk mencukupi kebutuhan dan permintaan masyarakat.Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jeruk bermutu dan bebas penyakit Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) adalah teknik perbanyakan tanaman secara in vitro. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh kombinasi pemberian BAP dan NAA dengan konsentrasi BAP 0 mg/L, 0.5 mg/L, dan 1 mg/L dan konsentrasi NAA 0 mg/L dan 0,01 mg/L pada jeruk siam, (2) mengetahui respon eksplan epikotil dan ujung tunas terhadap upaya mikropropagasi jeruk siam, dan (3) menentukan perlakuan dan jenis eksplan yang menunjukan respon mikropropagasi jeruk siam terbaik. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September 2015 hingga Juni 2016 di Laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi Fakultas Pertanian dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah eksplan dengan taraf ujung tunas (E1) dan epikotil (E2). Faktor kedua adalah perlakuan kombinasi ZPT dengan taraf perlakuan A (K1) adalah kombinasi BAP 0 mg ; NAA 0 mg, perlakuan B (K2) adalah kombinasi BAP 0 mg ; NAA 0,01 mg, perlakuan C (K3) adalah kombinasi BAP 0,5 mg ; NAA 0 mg, perlakuan D (K4) adalah kombinasi BAP 0,5 mg ; NAA 0,01 mg, perlakuan E (K5) adalah kombinasi BAP 1 mg ; NAA 0 mg dan perlakuan F (K6) adalah kombinasi BAP 1mg ; NAA 0,01 mg. Variabel yang diamati adalah perubahan warna eksplan, waktu munculnya tunas pertama (hst), tinggi tunas (cm), jumlah tunas,jumlah daun, waktu munculnya kalus (hst), waktu munculnya akar (hst), panjang akar (cm) dan jumlah akar. Semua variabel dianalisis dengan menggunakan uji F 5%, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT).Perubahan warna eksplan diamati berdasarkan pengamatan kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan menunjukan bahwa kombinasi pemberian BAP dan NAA dengan konsentrasi BAP 0 mg/L, 0.5 mg/L, dan 1 mg/L dan konsentrasi NAA 0 mg/L dan 0,01 mg/L pada jeruk siam memberikan perbedaan terhadap variabel munculnya kalus, munculnya akar, panjang akar dan jumlah akar. Eksplan epikotil memberikan respon pertumbuhan berupa munculnya kalus dan eksplan ujung tunas memberikan respon pertumbuhan berupa tumbuhnya tunas dan munculnya akar. Eksplan yang memberikan respon terbaik adalah ujung tunas. Perlakuan terbaik adalah kombinasi BAP 0 mg/l dan NAA 0,01 mg/l yang dapat menginisiasi tumbuhnya akar dan kombinasi BAP 0,5 mg/l dan NAA 0,01 mg/l yang dapat menginisiasi tumbuhnya kalus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16398
Uncontrolled Keywords: Budidaya jeruk, Pemupukan
Subjects: C > C417 Citrus fruits
F > F121 Fertilizers
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:36
Last Modified: 14 Apr 2022 07:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item