Kontribusi Pendapatan Usahatani Pembibitan Lada (Piper Ningrum L.) terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

KURNIASARI, Petri Opi (2016) Kontribusi Pendapatan Usahatani Pembibitan Lada (Piper Ningrum L.) terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (898kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (971kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lada merupakan salah satu komoditas pertanian pada sub sektor perkebunan yang cukup potensial untuk dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari harga komoditas lada yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan peranan Indonesia sebagai negara produsen lada terbesar. Potensi pengembangan lada yang cukup cerah banyak menarik minat petani untuk melakukan usahatani lada. Salah satunya dengan melakukan usahatani pembibitan lada dengan harapan akan memperoleh pendapatan yang lebih besar. Pendapatan dari usahatani pembibitan lada tersebut akan memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap pendapatan rumah tangga petani. Penelitian ini dilakukan di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas pada bulan Mei 2016, dengan tujuan untuk mengetahui (1) biaya produksi, penerimaan dan pendapatan usahatani pembibitan lada di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. (2) kontribusi pendapatan usahatani pembibitan lada terhadap pendapatan rumah tangga petani. (3) nilai R/C ratio pada usahatani pembibitan lada. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik penentuan responden secara sensus. Jumlah petani yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 25 orang. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis biaya produksi, penerimaan, pendapatan usahatani, analisis kontribusi pendapatan dan analisis R/C ratio. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya produksi rata-rata usahatani pembbitan lada selama satu musim tanam sebesar Rp. 5.351.707,50, penerimaan rata-rata sebesar 17.890.800,00 yang diperoleh dari penjualan bibit lada sebanyak 6.807 polybag, dan pendapatan sebesar Rp. 12.539.092,50 dengan pendapatan per bulan yang diperoleh petani sebesar Rp4.179.697,50. Kontribusi pendapatan usahatani pembibitan lada terhadap pendapatan rumah tangga petani lada sebesar 78 persen, dimana usahatani tersebut dapat diandalkan sebagai sumber penghasilan,. Nilai R/C ratio pada usahatani pembibitan lada sebesar 3,34, sehingga usahatani tersebut memberikan keuntungan dan layak untuk dilanjutkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16400
Subjects: F > F55 Farm family
I > I60 Income
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:16
Last Modified: 18 Apr 2022 06:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year