Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Aplikasi Pupuk Hayati Cair Penambat Nitrogen dan Trichokompos untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi Varietas Ciherang

AULIA, Rizki (2016) Aplikasi Pupuk Hayati Cair Penambat Nitrogen dan Trichokompos untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi Varietas Ciherang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beras merupakan bahan pokok yang harus dipenuhi terutama bagi masyarakat Indonesia namun dari tahun ke tahun semakin menurun produktivitasnya. Hal ini disebabkan karena penurunan kesuburan tanah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan pupuk hayati cair penambat N2 dan trichokompos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk hayati cair penambat N2 dan trichokompos serta mendapatkan kombinasi terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi varietas Ciherang. Penelitian ini telah dilaksanakan di Screen House Agronomi Fak. Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Berlangsung selama 4 bulan, dimulai September 2015 sampai Januari 2016. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor, yaitu pupuk hayati cair penambat N (D) terdiri dari D0 (0 ml/ha), D1 (800 ml/ha), D2 (1600 ml/ha), D3 (2400 ml/ha) dan Tricho-kompos (T) terdiri dari T0 (0 t/ha), T1 (2 t/ha), T2 (4 t/ha)dengan 3 kali ulangan. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah anakan, luas daun, bobot akar kering, bobot brangkasan kering, jumlah gabah per malai, persentase gabah isi, bobot gabah per rumpun, bobot 1000 biji dan indeks panen. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pupuk hayati cair penambat N2 berpengaruh variabel tinggi tanaman, persentase gabah isi dan bobot kering akar. Aplikasi trichokompos berpengaruh terhadap tinggi tanaman. Kombinasi perlakuan terbaik yaitu pada pemberian pupuk hayati cair pada dosis 1.600 ml/ha dan trichokompos pada dosis 0 ton/ha yang diperoleh variabel jumlah gabah per malai dan bobot gabah per rumpun. Masing-masing variabel yaitu memiliki nilai sebesar 148 biji dan 60,40 gram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16405
Uncontrolled Keywords: Budidaya padi, Pemupukan
Subjects: F > F121 Fertilizers
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:45
Last Modified: 19 Apr 2022 01:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item View Item