Analisis Nilai Tambah Nira sebagai Bahan Baku Gula Kelapa Cetak dan Kristal di Kelompok Usaha Bersama Sari Bumi (Studi Kasus: Kelompok Usaha Bersama Sari Bumi Desa Bojong Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga)

TAMBUNAN, Merry Juliana (2016) Analisis Nilai Tambah Nira sebagai Bahan Baku Gula Kelapa Cetak dan Kristal di Kelompok Usaha Bersama Sari Bumi (Studi Kasus: Kelompok Usaha Bersama Sari Bumi Desa Bojong Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (986kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (982kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (981kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelompok Usaha Bersama Sari Bumi merupakan kelompok usaha yang bergerak dibidang industri gula kelapa cetak dan kristal. Kelompok mengumpulkan gula kelapa cetak dan kristal yang diproduksi oleh perajin anggota. Pengolahan gula kelapa cetak dan kristal menggunakan bahan baku nira. Kelompok menjual produk gula kelapa kristal pada eksportir melalui pedagang pengumpul, diharapkan dengan adanya produk gula kelapa kristal berkualitas ekspor dapat memberikan nilai tambah yang lebih tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) biaya produksi, penerimaan, dan pendapatan usaha pengolahan gula kelapa; (2) besarnya nilai tambah usaha pengolahan gula kelapa; (3) pola saluran pemasaran gula kelapa. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Juni sampai dengan 17 Juli 2016. Sasaran penelitian adalah perajin gula kelapa yang menjadi anggota KUB Sari Bumi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan jumlah responden 35 perajin. Data dianalisis menggunakan analisis biaya, penerimaan, dan pendapatan, analisis nilai tambah metode Hayami dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata biaya produksi gula kelapa cetak adalah Rp3.114.905,20, sedangkan biaya produksi gula kelapa kristal adalah Rp3.470.817,30. Rata-rata penerimaan yang diperoleh dari produksi gula kelapa cetak adalah Rp3.879.900, sedangkan gula kelapa kristal adalah Rp4.317.531,00. Pendapatan produksi gula kelapa cetak adalah Rp764.994,80, sedangkan gula kelapa kristal Rp846.714,13. Nilai tambah gula kelapa cetak yaitu Rp990,90 per kilogram sedangkan gula kelapa kristal yaitu Rp1.008,73 per kilogram. Pemasaran gula kelapa cetak didistribusikan ke pasar lokal dengan pola saluran yaitu : Perajin - Kelompok - Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar - Pedagang Eceran - Konsumen. Sedangkan gula kelapa kristal didistribusikan ke pasar luar negeri melalui perusahaan ekspor dengan pola saluran yaitu : Perajin - Kelompok - Pedagang Pengumpul - Pabrik. Produk gula kelapa kristal diekspor ke Jepang dan Kanada melalui PT (Perseroan Terbatas) dan CV (Commanditaire Vennootschap) yang bekerja sama dengan pedagang pengumpul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16411
Uncontrolled Keywords: Nilai Tambah, Nira , Gula Kelapa Cetak
Subjects: S > S805 Sugar
V > V8 Values
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:48
Last Modified: 19 Apr 2022 03:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year