Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi dan Pendapatan Gula Kelapa Cetak Organik pada Anggota Kelompok Tani Sekar Mancung di Desa Kemawi Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas

SUKMA, Radika Bening (2016) Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi dan Pendapatan Gula Kelapa Cetak Organik pada Anggota Kelompok Tani Sekar Mancung di Desa Kemawi Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (890kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Kemawi merupakan salah satu desa penghasil gula kelapa cetak organik di Kabupaten Banyumas. Semakin berkembangnya usaha gula kelapa di Desa Kemawi, maka dibentuklah suatu kelompok tani yang bernama Kelompok Tani Sekar Mancung. Permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin gula kelapa cetak organik yaitu belum mengetahui pendapatan yang diperoleh secara rinci dan seharusnya tidak hanya berorientasi pada produksi tinggi, akan tetapi lebih menitikberatkan ke semakin tingginya pendapatan yang diperoleh dengan penggunaan faktor produksi yang efisien. Tujuan dari penelitian adalah 1) Mengetahui biaya dan pendapatan yang diterima oleh pengrajin gula kelapa cetak organik di Kelompok Tani Sekar Mancung, 2) Mengetahui pengaruh penggunaan faktor-faktor produksi terhadap produksi gula kelapa cetak organik pengrajin gula kelapa cetak organik di Kelompok Tani Sekar Mancung, 3) Mengetahui efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada usaha produksi gula kelapa cetak organik yang dilakukan oleh pengrajin gula kelapa cetak organik di Kelompok Tani Sekar Mancung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) di Desa Kemawi Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas pada tanggal 7 November 2015 sampai dengan 18 Desember 2015. Sasaran penelitian yaitu pengrajin gula kelapa cetak organik anggota Kelompok Tani Sekar Mancung Desa Kemawi. Rancangan pengambilan sampel dengan metode Simple Random Sampling menghasilkan 31 pengrajin gula kelapa cetak organik. Analisis data yang digunakan adalah biaya dan pendapatan, fungsi produksi Cobb Douglas dan efisiensi penggunaan faktor produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata pengrajin gula kelapa cetak organik jika dihitung biaya penyusutan peralatan, nira, kayu bakar, kulit manggis, tenaga kerja yaitu sebesar –Rp5.964.536,12, namun jika dihitung secara rill maka diperoleh pendapatan rata-rata sebesar Rp1.386.689,76. Faktor produksi yang berpengaruh pada usaha pengrajin gula kelapa cetak organik anggota Kelompok Tani Sekar Mancung adalah nira, sedangkan kayu bakar, kulit manggis, kapur, dan tenaga kerja berpengaruh tidak nyata terhadap usaha gula kelapa cetak organik anggota. Kelompok Tani Sekar Mancung. Penggunaan faktor produksi nira tidak efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16315
Uncontrolled Keywords: Nira, Efisiensi, Kemawi, Faktor Produksi
Subjects: C > C881 Cost effectiveness
S > S805 Sugar
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:25
Last Modified: 19 Apr 2022 06:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year