Hubungan Ikan Introduksi Ikan Sapu-Sapu dengan Ikan-Ikan Asli Bersifat Demersal di Sungai Banjaran dan Pelus Kabupaten Banyumas

FEBRIANA, Kartika (2016) Hubungan Ikan Introduksi Ikan Sapu-Sapu dengan Ikan-Ikan Asli Bersifat Demersal di Sungai Banjaran dan Pelus Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (881kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (890kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (951kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat 20 spesies ikan introduksi salah satunya ikan sapu-sapu Pterygoplichthys pardalis (Loricariidae) sebagai ikan hias dengan habitat dibagian demersal sungai. Di bagian sungai ini dihuni pula oleh ikan asli dari famili Sisoridae, Mastacembelidae, Bagridae dan Clariidae. Dugaan penggunaan ruang hidup yang sama antara ikan introduksi dengan ikan asli akan menjadi persaingan dalam pemanfaatan ruang. Hal ini dapat pula terjadi di Sungai Banjaran dan Pelus yang melintasi pemukiman di kota Purwokerto. Biasanya ikan sapu-sapu masuk ke sungai karena lepas dari pemeliharaan ikan hias atau sengaja dibuang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelimpahan dan distribusi longitudinal ikan sapu-sapu, kekayaan dan kelimpahan komunitas ikan asli bersifat demersal, hubungan kelimpahan ikan sapu-sapu dengan komunitas ikan asli bersifat demersal, dan hubungan faktor fisik dan kimiawi perairan dengan populasi ikan sapu-sapu dan komunitas ikan-ikan demersal di Sungai Banjaran dan Pelus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Sungai Banjaran dan Pelus masing-masing dibagi menjadi 5 stasiun berdasarkan perbedaan substrat sebagai habitat ikan demersal. Pengambilan sampel dilakukan dengan ulangan sebanyak 4 kali. Data dianalisa dengan uji t dan f, hubungan kelimpahan ikan sapu-sapu dengan ikan demersal dianalisis dengan uji korelasi dan hubungan parameter fisik serta kimiawi perairan terhadap ikan sapusapu dengan ikan asli demersal dianalisis menggunakan PCA. Pada penelitian ini ditemukan ikan sapu-sapu sebanyak 11 individu di Sungai Banjaran dan 7 individu di Sungai Pelus, kelimpahan ikan sapu-sapu dikedua sungai yang relatif sama (t 0,54). Hal ini didukung pula hasil analisis kelimpahan ikan sapu-sapu di Sungai Banjaran (F: 1,24) dan di Sungai Pelus (F: 0,63), ikan asli demersal yang ditemukan sebanyak ditemukan 4 spesies dari 4 famili di kedua Sungai yaitu Glyptothorax platypogon (Sisoridae), Macrognathus maculatus (Mastacembelidae), Mystus gulio (Bagridae) dan Clarias batrachus (Claridae). Kelimpahan ikan demersal dikedua sungai relatif sama (t 0,98), kelimpahan ikan demersal pada kelima stasiun di Sungai Banjaran relatif sama (F: 1,05) demikian pula di Sungai Pelus (F: 0,53). Koofiesien korelasi antara kelimpahan ikan sapu-sapu dengan dengan kelimpahan Mystus gulio (r: 0,410), dan dengan Clarias batrachus (r: -0,076), Glyptothorax platypogon (r: 0,141) dan Macrognathus maculatus (r: -0,149), hasil analisis PCA menunjukkan kelimpahan ikan sapu-sapu dikedua sungai lebih dipengaruhi oleh faktor kimiawi yaitu BOD sementara ikan asli yang bersifat demersal lebih dipengaruhi oleh faktor fisik yaitu TSS dan faktor kimiawi pH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16005
Uncontrolled Keywords: Ikan Asli Bersifat Demersal, Ikan Sapu-Sapu, Sungai Banjaran dan Pelus
Subjects: F > F183 Fishes Ecology
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:45
Last Modified: 20 Apr 2022 06:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year