Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kecerahan Capit, Pertumbuhan dan Kelulusan Hidup Lobster Jantan (Cherax quadricarinatus) yang Diberi Pakan Tambahan Wortel

MUKTAR, Muhammad Abdullah Kamal (2016) Kecerahan Capit, Pertumbuhan dan Kelulusan Hidup Lobster Jantan (Cherax quadricarinatus) yang Diberi Pakan Tambahan Wortel. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (913kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (953kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Salah satu permasalahan yang perlu mendapat perhatian adalah banyaknya konsumen yang menjadikan lobster air tawar ini menjadi lobster hias. Warna capit lobster yang cerah memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan warna capit lobster yang gelap. Penelitian ini mengkombinasikan antara pakan alami dan pakan buatan. Pakan buatan pellet diberikan untuk pemberian nutrisi lengkap bagi lobster, sehingga produksi akan stabil dari segi kualitas dan kuantitas. Harga wortel yang terjangkau dipilih peneliti sebagai pakan yang memiliki sumber karotenoid alami. Sumber karotenoid dominan dalam wortel yaitu, α- dan β- karoten. Karotenoid tersebut memiliki pigmen warna kuning hingga orange dengan struktur molekul hampir serupa dengan astaxanthin, sehingga terbentuk warna capit yang cerah oleh lobster. Kandungan protein dan β-karoten yang terdapat di dalam wortel (Daucus carota) dapat mempercepat pertumbuhan serta kecerahan warna capit lobster air tawar jantan C. quadricarinatus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan tambahan wortel sehingga dapat meningkatkan kecerahan warna capit, laju pertumbuhan dan kelulushidupan lobster jantan. Metode yang digunakan dalam peneletian adalah eksperimental dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan dengan dua jenis pakan pellet dan wortel telah diberikan secara tunggal dan kombinasi dengan persentasi yang berbeda, sehingga diperoleh 4 perlakuan dengan 5 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan meliputi, kelompok P0 pemberian pakan buatan pellet 2% berat tubuh lobster air tawar jantan; kelompok P1 pemberian kombinasi pellet 2% dan wortel 1% berat tubuh lobster air tawar jantan; P2 pemberian kombinasi pellet 2% dan wortel 2%; berat tubuh lobster air tawar jantan dan P3 pemberian kombinasi pellet 2% dan wortel 3% dari berat tubuh lobster air tawar jantan. Variabel utama yang diamati meliputi kecerahan capit, laju pertumbuhan dan kelulusan hidup, sedangkan parameter yang diamati dan diukur adalah frekuensi moulting, panjang tubuh total dan berat tubuh total. Data kecerahan capit, kelulushidupan dan laju pertumbuhan lobster dianalisis secara statistik menggunakan uji “F” dan apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji BNT dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan tambahan berupa wortel sebagai sumber karotenoid alami mampu mencerahkan warna capit lobster jantan (F< 0,05) dan penambahan pakan wortel 3% memberikan skoring peningkatan warna capit tertinggi, yaitu 4,12 . Akan tetapi, pemberian pakan tambahan berupa wortel tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan dan kelulushidupan lobster jantan (F> 0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian penambahan pakan berupa wortel berpengaruh terhadap kecerahan warna capit, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap laju pertumbuhan dan kelulushidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16009
Uncontrolled Keywords: Cherax quadricarinatus, Wortel (D. carota), Kecerahan Capit
Subjects: F > F181 Fish culture
L > L292 Lobsters
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:05
Last Modified: 21 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item