Daya Dukung Azospirillum spp. terhadap Pertumbuhan Vegetatif Kedelai (Glycine max) pada Campuran Tanah Pasir Besi dan Kompos

AZHARI, azmiel (2016) Daya Dukung Azospirillum spp. terhadap Pertumbuhan Vegetatif Kedelai (Glycine max) pada Campuran Tanah Pasir Besi dan Kompos. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (896kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Azospirillum adalah salah satu genus terbaik dari kelompok genera plant growth-promoting rhizobacteria (PGPR). Azospirillum spp. yang bersinergis dengan tanaman menyediakan unsur hara esensial yang dibutuhkan pada pertumbuhan vegetatif. Tanaman kedelai (Glycine max) merupakan salah satu komoditi tanaman pangan penting di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh jenis media tumbuh terhadap kemampuan Azospirillum spp. dalam mendukung pertumbuhan tanaman kedelai, pengaruh isolat Azospirillum spp. yang mampu mendukung pertumbuhan vegetatif tanaman kedelai pada komposisi media tumbuh berbeda, dan pengaruh komposisi media dan isolat Azospirillum spp. terhadap pertumbuhan tanaman kedelai. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL Faktorial). Perlakuan terdiri atas 2 faktor yaitu faktor pertama adalah komposisi media tumbuh tanaman dengan 3 taraf sedangkan faktor kedua adalah jenis isolat Azospirillum spp. dengan 5 taraf. Perlakuanan dilakukan 3 kali pengulangan. Parameter yang diamati adalah kandungan klorofil, tinggi tanaman, panjang akar, dan konsentrasi IAA yang dihasilkan. Data dianalisis dengan analisis varians (ANOVA) pada tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berbeda nyata sehingga dilanjutkan dengan uji BNT pada tingkat kesalahan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media tanam tanah pasir besi ditambah kompos dengan perbandingan 1:1 secara umum mendukung pertumbuhan vegetatif yang ditunjukkan dengan rataan tinggi tanaman terbaik yaitu 36,25, rataan kadar klorofil tertinggi yaitu 15,19, dan panjang akar tanaman terbaik yaitu 30,2. Pemberian isolat campuran Azospirillum spp. KR110, HR121, dan KP27 berpengaruh pada tinggi tanaman yaitu 36,94 cm, isolat Azospirillum spp. KR110 berpengaruh terhadap kadar klorofil yaitu 13,6 cci, dan isolat Azospirillum spp. KP27 mendukung pertumbuhan panjang akar yaitu 32,2 cm. Interaksi antara media tanam (1:1) dengan isolat campuran Azospirilum spp. (P1B4) mendukung peningkatan tanaman kedelai yaitu 41,93 cm, dengan isolat Azospirillum spp. KR110 berpengaruh pada kadar klorofil 16,7 cci, dan dengan isolat Azospirillum spp. KP27 mendukung pertambahan panjang akar yaitu 32,7 cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16012
Uncontrolled Keywords: Azospirillum spp., Glycine max, PGPR
Subjects: G > G21 Gardening Horticulture
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:42
Last Modified: 21 Apr 2022 06:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15622

Actions (login required)

View Item View Item