Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Keragaman Genetik Kultivar Duku (Lansium Parasiticum (Osbeck) K.C. Sahni & Bennet) di Purbalingga berdasarkan Penanda RAPD

NURHIDAYATI, Rahayu Dwi (2016) Keragaman Genetik Kultivar Duku (Lansium Parasiticum (Osbeck) K.C. Sahni & Bennet) di Purbalingga berdasarkan Penanda RAPD. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (907kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (976kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman duku (Lansium parasiticum (Osbeck) K.C. Sahni & Bennet) merupakan tanaman buah asli Indonesia, termasuk ke dalam suku Meliaceae. Tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi di kalangan masyarakat, sehingga hampir di seluruh wilayah Indonesia tanaman ini dapat ditemukan. Salah satu daerah penghasil duku yaitu di daerah Purbalingga. Informasi keanekaragaman sangat diperlukan untuk menjaga dan mempertahankan keragaman genetik yang tinggi guna mendukung pengembangan duku unggul yang baru. Informasi tentang keragaman genetik dapat diketahui berdasarkan karakter molekuler, dengan menggunakan penanda RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui primer apa yang paling baik digunakan dalam analisis keragaman duku di daerah Purbalingga dengan teknik RAPD dan mengetahui tingkat keragaman duku daerah Purbalingga dengan menggunakan penanda RAPD. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode survei. Sebanyak 15 sampel daun tanaman duku yang diperoleh dari beberapa daerah di Purbalingga. Sampel diisolasi DNAnya untuk proses amplifikasi DNA dengan menggunakan teknik PCR-RAPD. Perbedaan pola pita DNA hasil PCR pada sampel duku menggunakan berbagai primer dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program MEGA 6.06. Hasil penelitian menunjukkan dari 9 primer yang digunakan diperoleh pita polimorfik sebanyak 64 (96.96%) dan pita monomorfik sebanyak 2 (3.03%) dengan ukuran pita 100-3000 bp. Pita monomorfik terdapat pada primer OPB-11 dan OPT16. Dari 9 primer yang dapat digunakan dalam penelitian ini yaitu OPA-1, OPA2, OPA-10, OPB-11, OPB-12, OPB-15, OPT-16, OPU-19 dan OPU-20 diperoleh hasil bahwa primer OPU-20 menghasilkan pola pita yang paling banyak dan beragam. Dendogram yang dibuat menggunakan UPGMA pada program MEGA 6.06 menunjukkan bahwa pada jarak genetik 30% terbentuk 2 cluster. Kedua cluster tersebut terpisah berdasarkan kecenderungan letak geografisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16022
Uncontrolled Keywords: Duku, Keragaman Genetik, RAPD
Subjects: F > F408 Fruit culture
G > G64 Genetics
V > V15 Variation Biology
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:56
Last Modified: 22 Apr 2022 02:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item