SUTOPO, Wiwit Annisa Ningrum (2022) Pengaruh Penggunaan Material Reclaimed Asphalt Pavement (Rap) Campuran Cold Mix Asphalt Menggunakan Aspal Emulsi Jenis Kationik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Download (225kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Download (351kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wiwit Annisa Ningrum Sutopo-H1B017019-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
Abstract
Latar belakang : Berdasarkan permasalahan dilapangan, perkerasan jalan harus direkontruksi kembali sesuai dengan umur rencana yang telah ditetapkan karena perkerasan jalan yang melebihi umur rencana akan semakin tumbuh dan mengalami kerusakan, solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pengupasan/pengerukan perkerasan aspal lama yang kemudian dilapisi kembali dengan perkerasan aspal baru. Hasil dari pengerukan aspal lama disebut dengan RAP, menggunakan RAP untuk perkerasan aspal baru merupakan salah satu upaya untuk mengurangi akumulasi RAP. RAP pada penelitian ini dicampurkan dengan CMA, keunggulan CMA salah satunya tidak memerlukan proses pemanasan agregat sehingga lebih ramah lingkungan. Metodologi Penelitian : Metode penelitian ini meliputi pengujian material, mix design campuran untuk mencari KARO, selanjutnya nilai KARO dipakai untuk membuat benda uji dengan variasi subtitusi RAP ke agregat kasar sebesar 0%, 25%, 50%, 75% dan 100% lalu dilakukan pengujian dengan alat Marshall selanjutnya dianalisis untuk mengetahui nilai density, stabilitas, flow, VIM, VMA, VFA dan MQ dan uji ITS modifikasi dengan variasi bahan RAP yang sama lalu dianalisis untuk mengetahui nilai kuat tarik tidak langsung. Kesimpulan : Dari aspek volumetrik Marshall dan non volumetrik Marshall hasil yang diperoleh menyatakan variasi yang direkomendasikan adalah rentang 25% - 75% RAP, dan hasil pengujian Indirect Tensile Strength (ITS) modifikikasi dengan variasi rentang 0 – 25% RAP penurunannya sebesar 4%, rentang 0 – 50% penurunannya sebesar 6%, rentang 0 – 75% penurunannya sebesar 10%, rentang 0 – 100% penurunannya sebesar 15%. Semakin bertambahnya variasi bahan RAP nilai kuat tarik tidak langsungnya semakin kecil, hal ini berakibat pada perkerasan akan semakin mudah mengalami potensi terjadinya cracking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22072 |
Uncontrolled Keywords: | Cold Mix Asphalt, Aspal emulsi, RAP, AC-WC, Fresh aggregate, Marshall, ITS. |
Subjects: | C > C425 Civil engineering E > E253 Engineering and construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Wiwit Annisa Ningrum Sutopo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 07:11 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 07:11 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15673 |
Actions (login required)
View Item |