FAUZI, Helmi Rifqi (2022) Pengaruh Air Banjir Terhadap Karakteristik Marshall Campuran Warm Mix Asphalt Dengan Bahan Tambah Zeolit. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Download (298kB) |
|
PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Helmi Rifqi Fauzi-H1BB017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BABI)
BAB-I-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BABII)
BAB-II-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BABIII)
BAB-III-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (BABIV)
BAB-IV-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BABV)
BAB-V-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Helmi Rifqi Fauzi-H1B017012-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Pada saat musim hujan, banyak jalan-jalan di Indonesia yang terendam banjir. Banjir pada perkerasan jalan tersebut dapat mempengaruhi kinerja perkerasan jalan, khususnya masalah ketahanan atau keawetan jalan (durability). Untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan oleh banjir, penelitian ini mencari solusi dengan menawarkan teknologi pencampuran hangat (warm mix asphalt). Dengan kondisi pemanasan global saat ini, sehingga diperlukannya pembangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh durasi rendaman banjir terhadap karakteristik Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) campuran warm mix asphalt dengan bahan tambah zeolit. Metode penelitian meliputi perendaman banjir menggunakan campuran warm mix asphalt dengan kadar zeolit 1% dari berat agregat dengan variasi waktu perendaman 6 jam, 24 jam, 96 jam, dan 168 jam menggunakan bak perendam yang diberi arus dengan kecepatan 2 m/s dan ketinggian air 10 cm. Kemudian dilakukan pemeriksaan persentase rongga terhadap benda uji untuk memperoleh nilai density, VMA, VFA, dan VIM. Lalu dilakukan pengujian dengan alat uji Marshall untuk mendapatkan nilai stabilitas, flow, dan Marshall Quotient (MQ). Hasil penelitian menunjukkan nilai VMA dan VIM semakin meningkat, sedangkan nilai VFA semakin menurun dengan bertambahnya lama waktu perendaman. Nilai stabilitas dan Marshall Quotient (MQ) semakin menurun, sedangkan kelelehan semakin meningkat dengan bertambahnya waktu perendaman. Dan hasil Indeks Kekuatan Sisa (IKS) akibat perendaman semua persentasenya berada dibawah 90%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22073 |
Uncontrolled Keywords: | Air Banjir, Marshall Campuran, Warm Mix Asphalt, Zeolit |
Subjects: | F > F198 Flood control |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr HELMI RIFQI FAUZI |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15676 |
Actions (login required)
View Item |