Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Tebal Perkerasan Landas Pacu (Runway) Bandar Udara Internasional Yogyakarta

PUTRI, Shendy Ardia (2022) Analisis Tebal Perkerasan Landas Pacu (Runway) Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf

Download (707kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Shendy Ardia Putri-H1B018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode perencanaan tebal perkerasan landas pacu yang umum dipakai di Indonesia yaitu metode CBR (US Army Corps of Engineers), FAA (Federal Aviation Administration), LCN (Load Classification Number), dan Asphalt Institute. Setiap metode menghasilkan tebal perkerasan yang berbeda, karena parameter perencanaan yang digunakan berbeda. Dalam penelitian Santoso dkk, (2017) metode FAA menghasilkan tebal perkerasan lentur lebih besar dibanding metode LCN sedangkan dalam penelitian Yusuf (2010) metode LCN menghasilkan tebal perkerasan lentur paling besar diikuti metode CBR dan FAA. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis tebal perkerasan lentur landas pacu menggunakan metode CBR, FAA, dan LCN, dengan lokasi penelitian pada Bandar Udara Internasional Yogyakarta yang memiliki volume lalu lintas pesawat cukup tinggi. Tujuan penelitian untuk mengetahui tebal perkerasan dan perbandingan total tebal serta tebal setiap lapisan yang dihasilkan metode CBR, FAA, dan LCN. Berdasarkan hasil analisis, pesawat rencana yang digunakan adalah pesawat B737-9MAX. Metode LCN menghasilkan total tebal perkerasan paling besar yaitu 127 cm, diikuti metode CBR dan FAA sama besar yaitu 109 cm. Untuk lapis permukaan metode CBR dan FAA menghasilkan tebal sama besar yaitu 11 cm, metode LCN menghasilkan tebal paling besar yaitu 20 cm. Untuk lapis pondasi atas metode FAA menghasilkan tebal paling besar yaitu 38 cm, diikuti metode CBR 35 cm, dan metode LCN 21 cm. Untuk lapis pondasi bawah metode LCN menghasilkan tebal paling besar yaitu 86 cm, diikuti metode CBR 63 cm, dan metode FAA 60 cm. Perbandingan tebal lapis permukaan, lapis pondasi atas dan lapis pondasi bawah untuk metode CBR dan FAA hampir sama yaitu ± 1: 3 : 6, sedangkan metode LCN memiliki perbandingan yang berbeda yaitu ± 1,5 : 1,5 : 7. Perencanaan tebal perkerasan landas pacu menggunakan metode LCN tidak direkomendasikan menggunakan pesawat rencana yang memiliki total keberangkatan tahunan > 3.200 lintasan. Dengan nilai total keberangkatan > 3.200 akan menghasilkan nilai LCN pesawat melebihi nilai maksimum (60).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H22077
Uncontrolled Keywords: Bandar udara, landas pacu, perkerasan lentur, CBR, FAA, dan LCN
Subjects: A > A169 Airports
A > A170 Airports Security measures
R > R285 Roads
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Shendy Ardia Putri
Date Deposited: 17 May 2022 02:17
Last Modified: 17 May 2022 02:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15755

Actions (login required)

View Item View Item