NURUL SYIVA, Amelia Wulan (2022) Dampak Kebijakan Program Pendidikan Inklusif di SD Slerok 2 Tegal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Download (158kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-l-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-ll-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-lll-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-lV-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Download (208kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amelia Wulan-F1B017008-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Dampak Kebijakan Progam Pendidikan Inklusif di SD Slerok 2 Tegal. Judul tersebut di latarbelakangi oleh permasalahan yang timbul pada pelaksanaan program pendidikan inklusif di Kota Tegal yang berfokus di SD Slerok 2 Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dampak menggunakan model Thomas R Dye yang meliputi aspek dampak pada masalah publik yang diharapkan atau tidak, dampak pada kelompok diluar sasaran, dampak sekarang dan yang akan datang serta dampak biaya langsung dan tak langsung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak program pendidikan inklusif terhadap individu, organisasi, masyarakat, lembaga dan sistem sosial di SD Slerok 2 Tegal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data digunakan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah motede analisis interaktif. Program pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/ atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Tujuannya karena setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak sebagai pelayanan dasar yang wajib diberikan oleh negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan inklusif di SD Slerok 2 Tegal ini dapat membantu proses berkembang ABK di lingkungan sekitarnya. Namun dalam pelaksanaannya memiliki kendala seperti tidak memiliki Guru Pendamping Khusus, sarana prasarana yang disediakan masih belum berjalan maksimal, serta lemahnya sosialisasi dan publikasi mengenai adanya pendidikan inklusif di Kota Tegal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22130 |
Uncontrolled Keywords: | Dampak Program, Kebijakan Publik, Program Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | E > E69 Education G > G193 Government policy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Amelia Wulan Nurul Syiva |
Date Deposited: | 18 May 2022 01:37 |
Last Modified: | 18 May 2022 01:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15826 |
Actions (login required)
View Item |