MARDHIYATI, Asri (2017) Penawaran Kedelai di Indonesia Tahun 2004-2015. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (111kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (103kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (105kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
Abstract
Kedelai merupakan salah satu tanaman pangan utama setelah padi dan jagung. Produksi kedelai dalam negeri selalu lebih rendah dari permintaan. Produksi kedelai dalam negeri selama tahun 2011-2015 hanya mampu memenuhi 32,87 persen permintaan yang mencapai 2,4 juta ton per tahun. Upaya peningkatan produksi kedelai penting dilakukan untuk memenuhi tingkat permintaan, mengurangi ketergantungan impor, dan mendukung agroindustri. Keberhasilan peningkatan penawaran kedelai dipengaruhi oleh respon produsen terhadap perubahan faktor ekonomi dan non ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran kedelai dan 2) mengetahui tingkat elastisitas penawaran kedelai di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtut waktu (time series) selama 11 tahun dari 2004 kuartal I hingga 2015 kuartal IV. Sumber data diperoleh dari Kementerian Pertanian, Badan Pusat Statistik, Kementerian Perdagangan serta bahan pustaka berupa buku dan publikasi yang berkaitan dengan topik penelitian. Variabel yang digunakan yakni harga kedelai, harga jagung, harga pupuk, luas panen dan penawaran kedelai kuartal sebelumnya. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Peningkatan harga kedelai sebesar satu persen akan meningkatkan penawaran kedelai sebesar 0,54 persen, peningkatan harga jagung sebesar satu persen akan menurunkan penawaran kedelai sebesar 0,28 persen, peningkatan luas panen sebesar satu persen akan menurunkan penawaran kedelai sebesar 0,41 persen dan peningkatan penawaran kedelai sebelumnya sebesar satu persen akan meningkatkan penawaran kedelai sebesar 1,05 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa harga kedelai dan penawaran sebelumnya merupakan faktor yang paling direspon oleh petani untuk meningkatkan penawaran kedelai. Luas panen menunjukkan pengaruh negatif terhadap penawaran, hal ini karena peningkatan luas panen tidak diikuti dengan peningkatan harga, sehingga menyebabkan penawaran kedelai menurun. Elastisitas harga penawaran kedelai bersifat inelastis dan elastisitas silang terhadap jagung menunjukkan bahwa jagung merupakan produk kompetitor kedelai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A17403 |
Uncontrolled Keywords: | Kedelai; Hasil Pertanian; Harga Kedelai |
Subjects: | F > F63 Farm produce Marketing S > S531 Soybean |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 02:34 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 02:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1587 |
Actions (login required)
View Item |