OKTAFIANI, Tiara Egi (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Merek Terkenal HUGO BOSS Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dalam Putusan Nomor 520 K/Pdt.Sus-HKI/2021. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Download (203kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_TIARA EGI OKTAFIANI_E1A018045_SKRIPSI_2022.pdf Download (96kB) |
Abstract
Merek adalah tanda untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. Persaingan dagang saat ini semakin besar dan pesat, sehingga orang maupun perusahaan melakukan berbagai tindakan yang tidak seharusnya dilakukan terhadap merek terkenal. Tindakan yang sering dilakukan yaitu menumpang ketenaran merek terkenal agar produknya laku di pasaran. Perlindungan hukum terhadap merek terkenal perlu diberikan untuk menghindari kerugian pemegang merek dan konsumen pemakai barang dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap merek terkenal dalam putusan nomor 520 K/Pdt.Sus-HKI/2021 apabila ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, kemudian data yang diperoleh disajikan dalam bentuk teks naratif dan metode analisis data yang digunakan yaitu metode normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa merek “HUGO” milik termohon kasasi dalam putusan nomor 520 K/Pdt.SusHKI/2021 telah terbukti memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek terkenal “HUGO BOSS” milik pemohon kasasi dan didaftarkan dengan iktikad tidak baik di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Inteleketual, sehingga harus dibatalkan. Sebagai merek terkenal dan terdaftar terlebih dahulu dibandingkan merek “HUGO”, maka merek “HUGO BOSS” berhak mendapatkan perlindungan hukum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E22162 |
Uncontrolled Keywords: | perlindungan hukum, merek terkenal, iktikad tidak baik |
Subjects: | C > C611 Commercial law T > T252 Trademarks |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs TIARA EGI OKTAFIANI |
Date Deposited: | 23 May 2022 01:07 |
Last Modified: | 23 May 2022 01:07 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15978 |
Actions (login required)
View Item |