SAPUTRI, Kantika Widya (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Lansia pada Puskesmas II Purwokerto Utara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf-2.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022-2.pdf Download (20kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSAKA-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Download (315kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kantika Widya Saputri-F1B016023-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Lansia Pada Puskesmas II Purwokerto Utara. Mengingat masalah kesehatan yang terjadi saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Hal ini menuntut penyedia jasa layanan kesehatan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Puskesmas II Purwokerto Utara merupakan suatu unit organisasi yang berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya, perlu menerapkan kualitas pelayanan untuk menghasilkan kepuasan pasien. Terutama untuk pasien lansia yang membutuhkan pelayanan khusus sangat membutuhkan kualitas pelayanan. Dengan adanya kualitas pelayanan akan memberikan kemudahan dan memenuhi kebutuhan lansia sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pasien terhadap Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien lansia di Puskesmas II Purwokerto Utara. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Berry, dan Parasuraman dimana terdapat lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Perhatian). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian asosiatif dengan menggunakan analisa kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien lansia yang berkunjung di Puskesmas II Purwokerto Utara sebanyak 171 responden yang telah ditentukan menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien lansia pada Puskesmas II Purwokerto Utara. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis melalui analisis regresi ordinal dapat dilihat pada output Model Fitting Information menunjukan signifikansi dan probabilitas di bawah (0,000 < 0,05) maka dinyatakan bahwa Ho ditolak. Dengan demikian, kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien lansia di Puskesmas II Purwokerto Utara. Kata Kunci: Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Perhatian, Kepuasan Pasien Lansia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22146 |
Uncontrolled Keywords: | Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Elderly Patient Satisfaction |
Subjects: | C > C1020 Customer services E > E97 Elderly H > H55 Health facilities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Kantika Widya Saputri |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:59 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16003 |
Actions (login required)
View Item |