NINGSIH, Septi Candra (2022) Strategi Komunikasi Instruksional Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Penguatan Pembelajaran di Sekolah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) (Studi Kasus SD Negeri Sadahayu 02 Majenang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Download (408kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas-Septi Candra Ningih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Download (611kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Download (508kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Septi Candra Ningsih-F1C018094-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kondisi pendidikan di Indonesia yang masih mengalami ketertinggalan dan belum merata di setiap daerah membuat pemerintah mengambil berbagai langkah kebijakan, salah satunya melalui program Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program yang melibatkan mahasiswa untuk membantu mengajar, melakukan perubahan melalui berbagai strategi yang inovatif dan kreatif. SD Negeri Sadahayu 02 Majenang merupakan salah sasaran dalam program Kampus Mengajar, dimana kriteria sasaran dalam program ini adalah sekolah dasar yang memiliki akreditasi C dan berada di wilayah 3T. Dibutuhkan penguatan pembelajaran agar proses pembelajaran di SD Negeri Sadahayu 02 Majenang tidak mengalami ketertinggalan serta dapat meningkatkan potensi dan keterampilan anak secara maksimal. Komunikasi instruksional menjadi kajian dalam penelitian ini, karena komunikasi instruksional menitikberatkan pada instruksi berbagai variabel yang berhubungan dengan penyampaian materi serta modivikasi belajar, sehingga dengan adanya komunikasi instruksional ini penguatan pembelajaran di sekolah 3T dapat tercapai. Keberhasilan komunikasi instruksional ditentukan oleh strategi komunikasi yang digunakan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi instruksional mahasiswa Kampus Mengajar dalam penguatan pembelajaran di sekolah 3T khususnya di SD Negeri Sadahayu 02 Majenang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori apersepsi yang dikemukakan oleh Johan Friedrich Herbart. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep komunikasi instruksional yang digunakan oleh mahasiswa Kampus Mengajar menekankan pada proses instruksional yang dilakukan secara langsung antara pengajar dengan peserta didik yang dimulai dari mengetahui situasi dan kondisi SD Negeri Sadahayu 02 Majenang. Dalam upaya penguatan pembelajaran di sekolah 3T, mahasiswa Kampus Mengajar menggunakan berbagai strategi yakni membangun kedekatan, melakukan pembiasaan, menggunakan metode pembelajaran interaktif dan fun learning. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan situasi, kondisi, dan minat peserta didik, sehingga peserta didik menjadi antusias dalam proses belajar mengajar dan penguatan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22141 |
Uncontrolled Keywords: | strategi, komunikasi instruksional, mahasiswa Kampus Mengajar, penguatan pembelajaran, sekolah 3T |
Subjects: | C > C631 Communication C > C843 Cooperative learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Septi Candra Ningsih |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:23 |
Last Modified: | 27 May 2022 06:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16028 |
Actions (login required)
View Item |