SUBHAN, Ahmadus (2022) Analisis Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan dengan International Roughness Index (IRI) dan Asphalt Institute. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Download (152kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ahmadus Subhan-H1B017034-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
Abstract
Undang - Undang Republik Indonesia No. 38 Tahun 2004 menyebutkan bahwa jalan adalah suatu prasarana transportasi yang meliputi segala bagian jalan termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori dan jalan kabel. Sedangkan, perkerasan jalan adalah salah satu bagian jalan yang diperkeras dengan lapis konstruksi tertentu, yang memiliki ketebalan, kekuatan, dan kekakuan, serta kestabilan tertentu agar mampu menyalurkan beban lalu lintas diatasnya ke tanah dasar secara aman. Salah satu jenis perkerasan jalan yang paling sering digunakan adalah perkerasan lentur. Hal ini disebabkan oleh murahnya biaya awal kontruksi pada pekerjaan perkerasan lentur. Namun, dibalik kemudahan yang dimilikinya, perkerasan lentur sangat rentan terhadap kerusakan oleh kondisi lingkungan. Sehingga sangat diperlukan mengenai analisis kerusakan jalan agar nantinya dijadikan bahan evaluasi untuk pemeliharaan ruas jalan terkait. Ada dua metode yang cukup menarik untuk diketahui bagaimana perbandingan nilainya terhadap kerusakan jalan, yaitu International Roughness Index (IRI) dan Asphalt Institute. Pengumpulan data menggunakan metode survei, data yang dikumpulkan adalah primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisa, pengambilan data dilakukan di seluruh ruas jalan Jalan Ahmad Yani sepanjang 2500 m, Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Metode IRI melalui aplikasi Roadroid didapatkan nilai kondisi untuk Nilai Kondisi Perkerasan Jalan Ahmad Yani adalah 3,21 dengan kategori jalan baik. Sedangkan untuk Metode Asphalt Institute didapatkan Nilai Kondisi Perkerasan Jalan 90,65 dengan kategori jalan Baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22100 |
Uncontrolled Keywords: | International Roughness Index (IRI), Asphalt Institute, Roadroid |
Subjects: | C > C425 Civil engineering R > R285 Roads |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Ahmadus Subhan |
Date Deposited: | 27 May 2022 02:18 |
Last Modified: | 27 May 2022 02:18 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16127 |
Actions (login required)
View Item |