Ketercapaian Indikator pada Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022

SARI, Mega Puspita (2022) Ketercapaian Indikator pada Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2023.

Download (323kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2023.

Download (626kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2023.

Download (823kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mega Puspita Sari-J1D018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai PAS Siswa Kelas IX pada kegiatan akhir semester. Rendahnya hasil pembelajaran dapat berkaitan dengan ada atau tidaknya ketercapaian yang diraih pada soal yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan ketercapaian indikator yang terdapat pada soal Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Tahun Pelajaran 2021/2022 yang digunakan oleh SMP N 6 Purwokerto. Ketercapaian tersebut guna mengetahui kualitas soal yang telah diujikan agar dapat menjadi evaluasi untuk penyusunan soal pada periode yang akan datang. Penelitian tersebut menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Ketercapaian indikator dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif pada soal pilihan ganda dan uraian. Analisis dilakukan secara kuantitatif berupa analisis soal berdasarkan validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Analisis secara kualitatif berdasarkan materi, isi, bahasa, serta kesesuaiannya terhadap indikator penyusunan soal. Pengolahan data pada penelitian menggunakan aplikasi program ANATES 4.09 sebagai media pengolahan data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 23 butir soal pilihan ganda dengan persentase 57,5% telah tercapai indikatornya dan sebanyak 17 butir soal dengan persentase 42,5% tidak tercapai indikatornya. Ketercapaian pada soal uraian sebanyak 3 butir soal dengan persentase 60% telah tercapai indikatornya dan sebanyak 2 butir soal dengan persentase 40% tidak tercapai indikatornya. Ketidaktercapaian pada butir soal dapat diperbaiki dengan adanya revisi atau penggantian butir soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22126
Uncontrolled Keywords: analisis soal, ketercapaian indikator, penilaian akhir semester
Subjects: E > E83 Educational tests and measurements
L > L51 Language and languages
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs MEGA PUSPITA SARI
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:25
Last Modified: 20 Jun 2022 01:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year