Respons Sekolah Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum (Studi tentang Sikap dan Pendisiplinan Sekolah terhadap Siswanya yang Berkonflik dengan Hukum)

WURYANINGSIH, Tri (2015) Respons Sekolah Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum (Studi tentang Sikap dan Pendisiplinan Sekolah terhadap Siswanya yang Berkonflik dengan Hukum). In: Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan V, 19-20 November 2015, Purwokerto.

[img] PDF (Fulltext)
PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM 2015-tanpa kover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan respons sekolah terhadap siswanya yang berkonflik dengan hukum. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa sekolah yang direpresentasikan oleh para guru belum memahami hak-hak dasar anak sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Perlindungan Anak karena tidak satu pun dari guru tersebut pernah membaca undang-undang itu. Namun demikian, para guru tersebut menyatakan bahwa anak harus mendapatkan hak atas pendidikan. Sekolah menganggap bahwa anak yang berkonflik dengan hukum tersebut disebabkan lemahnya pengawasan orang tua dan lingkungan yang buruk. Terhadap anak-anak tersebut, sebagian sekolah mengambil tindakan pendisiplinan dengan cara mengeluarkan mereka dari sekolah. Alasanya, telah mencemarkan nama sekolah dan berpotensi menularkan kenakalan terhadap anak yang lain. Beberapa sekolah mengambil keputusan untuk tetap memberi kesempatan pada anak tersebut untuk bersekolah dengan jaminan komitmen orang tua untuk melakukan pengawasan secara lebih ketat, dan beberapa sekolah lainnya tetap memberi kesempatan anak bersekolah dengan cara memberikan perhatian khusus dan meningkatkan intensitas komunikasi dengan orang tuanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: anak berkonflik dengan hukum, respons, sekolah, pendisiplinan
Subjects: S > S469 Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Tri Wuryaningsih
Date Deposited: 08 Jul 2022 05:33
Last Modified: 08 Jul 2022 05:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year