Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Dimensi Base Plate Dan Kapasitas Angkur Pada Struktur Atap Baja (Studi Kasus : Renovasi Dan Penataan Gedung Rawat Jalan Rsud Muntilan Kabupaten Magelang)

AGUSTIN, Sely Tria (2022) Analisis Dimensi Base Plate Dan Kapasitas Angkur Pada Struktur Atap Baja (Studi Kasus : Renovasi Dan Penataan Gedung Rawat Jalan Rsud Muntilan Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 July 2023.

Download (51kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 July 2023.

Download (865kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 July 2023.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Abstrak — Di era pembangunan saat ini, konstruksi bangunan-bangunan teknik sipil mengalami perkembangan yang sangat pesat baik perkembangan dari sisi material maupun perkembangan dari sisi teknik konstruksinya. Pada penelitian ini penulis membahas mengenai material baja. Baja paling umum digunakan pada gedung bertingkat karena memiliki kekuatan yang tinggi untuk menahan beban yang sangat besar dan dapat menghasilkan dimensi yang relatif lebih kecil pada perencanaan struktur bangunan. Komponen yang penting yang sering kali dalam perencanaan konstruksi baja tidak direncanakan dengan baik yang dibutuhkan pada sambungan adalah pelat landasan atau Base Plate dan perhitungan angkur nya. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis perhitungan dimensi Base Plate dan kapasitas angkur pada struktur atap RSUD Muntilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari literatur atau referensi yang sudah ada. Perhitungan dilakukan secara manual dengan menggunakan program Microsoft excell agar mempermudah perhitungan. Kasus yang dianalisa dalam skripsi ini berupa analisa kapasitas angkur dan dimensi baseplate yang dibuat tanpa pembuatan sampel secara nyata (tidak dilakukan eksperimen laboratorium). Peninjauan kasus dimulai dari menentukan dimensi baseplate dan selanjutnya menghitung kapasitas angkur. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan persiapan, studi literatur, pengumpulan data (lokasi proyek, denah dan gambar kerja), memodelkan struktur atap baja, menentukan kombinasi pembebanan sesuai SNI 1727:2020 Beban desain minimum dan kriteria terkait untuk bangunan gedung dan struktur lain, menentukan beban Pu dan Mu, menghitung dimensi Pelat dasar (baseplate) dan menganalisis kapasitas angkur. Dengan beban hidup sebesar 1 KN, beban hujan 0,275 KN/m, beban mati 0,0463 KN/m, angin desak 0,281 KN/m, angin hisap -0,281 KN/m. Diperoleh Lebar minimum base plate adalah 84,89 mm, Momen yang terjadi pada base plate akibat beban terfaktor sebesar 1895020,59 Nmm, tahanan momen nominal base plate adalah 2332800 Nmm. Panjang angkur minimum 387,84 mm, panjang angkur perlu dikontrol lagi dan dapat dijadikan evaluasi. Akibat momen sebesar 75035000 Nmm yang terjadi pada baut, mengakibatkan baut tertarik dengan gaya 6797,36 N sedangkan baut memiliki tahanan tarik nominal 175433 N baut aman untuk menahan gaya tarik dan akibat gaya vertikal sebesar 184205 N yang terjadi pada baut, mengakibatkan baut bergeser dengan gaya 30701 N untuk masing-masing baut sedangkan baut memiliki tahanan geser nominal 116955,6 N, hal ini menandakan baut juga aman untuk menahan gaya geser yang terjadi pada baut. Kata Kunci — Beban Pu dan Mu, Base Plate, Angkur, Gaya Tarik, Gaya Geser, Gaya Tumpu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H22141
Uncontrolled Keywords: Beban Pu dan Mu, Base Plate, Angkur, Gaya Tarik, Gaya Geser, Gaya Tumpu
Subjects: C > C425 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs SELY TRIA AGUSTIN
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:54
Last Modified: 13 Jul 2022 06:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item View Item