Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Inovasi Layanan Online Go-Dokumen (Go-Dok) di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya

MUSLIMAH, Yesa (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Inovasi Layanan Online Go-Dokumen (Go-Dok) di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf

Download (692kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf

Download (802kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2023.

Download (841kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only until 27 July 2023.

Download (919kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2023.

Download (955kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf

Download (802kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf

Download (818kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yesa Muslimah-F1B018009-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Inovasi Layanan Online Go-Dokumen (Go-Dok). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik akibat buruknya kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan. Maka dari itu, penyedia layanan harus terus berinovasi agar mampu meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna inovasi layanan online Go-Dokumen (Go-Dok). Dengan kualitas pelayanan dan inovasi pelayanan sebagai variabel bebas (X) dan kepuasan masyarakat (Y) sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dan teknik pemilihan informannya simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kuesioner dan wawancara. Untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya, teknik analisa yang digunakan adalah teknik korelasi Kendall’s Tau, Kendall’s W, dan regresi ordinal. Sampel yang diambil berjumlah 73 orang dengan margin of error 10%. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan dan inovasi pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pengguna inovasi layanan online Go-Dokumen (Go-Dok). Hasil analisis data menggunakan korelasi Kendall’s Tau-b menunjukan hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,497. Selain itu, variabel inovasi pelayanan juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,447. Hasil analisis konkordansi kendall’s W variabel kualitas pelayanan dan variabel inovasi pelayanan bersama-sama mempengaruhi kepuasan masyarakat dengan sangat rendah. Pada uji regresi ordinal, menunjukkan nilai antara 0,192 sampai dengan 0,352 yang berarti variasi variabel kepuasan masyarakat (Y) yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel kualitas pelayanan (X1) dan inovasi pelayanan yaitu antara 19,2 % sampai dengan 35,2% Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Inovasi Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Inovasi Layanan Online Go-Dokumen (Go-Dok). Penyedia layanan harus terus mempertahankan kualitas pelayanan dan harus terus mengembangkan inovasi layanan online Go-Dokumen (Go-Dok). Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat penyedia layanan harus memperbaiki satu-satu antara kualitas pelayanan dan inovasi pelayanan tidak bisa memperbaiki keduanya secara bersama-sama. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Inovasi Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Inovasi Layanan Online Go-Dokumen (Go-Dok)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22193
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Inovasi Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Inovasi Layanan Online Go-Dokumen (Go-Dok)
Subjects: C > C652 Community services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Yesa Muslimah
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:55
Last Modified: 27 Jul 2022 02:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item