Klasifikasi Bentuk dan Penggunaan Penanda Interogativa Ka pada Iklan Layanan Masyarakat Jepang: AC Japan

PUTRI, Riyanda Daniati (2022) Klasifikasi Bentuk dan Penggunaan Penanda Interogativa Ka pada Iklan Layanan Masyarakat Jepang: AC Japan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2023.

Download (289kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2023.

Download (303kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2023.

Download (161kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Riyanda Daniati Putri-J1C018058-Skripsi-2022.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi penanda interogativa ka serta menganalisis maksud penggunaannya pada iklan layanan masyarakat Jepang, yang diproduksi oleh AC Japan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data berupa kalimat tanya berakhiran ka, yang terdapat dalam iklan-iklan AC Japan. Iklan layanan masyarakat yang mengandung data tersebut, disiarkan di televisi Jepang dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2017-2021). Teori yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Yokoyama (2013), yaitu mengenai pengelompokan bentuk dan fungsi penanda interogativa ka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simak-catat. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan pendekatan formalis dan fungsionalis. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ditemukan 32 penanda interogativa ka pada 17 iklan AC Japan yang memiliki fungsi untuk menyatakan pertanyaan biasa sebanyak 6 data, pertanyaan retoris sebanyak 10 data, pertanyaan asumsi sebanyak 12 data, imperatif bentuk negatif sebanyak 3 data dan pertanyaan tersemat sebanyak 1 data. Dari beberapa fungsi tersebut, bentuk pertanyaan selain pertanyaan biasa, yaitu pertanyaan retoris dan pertanyaan asumsi lebih banyak ditemukan, karena iklan merupakan media komunikasi tidak langsung, yang tetap harus memperhatikan penekanan terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22163
Uncontrolled Keywords: sintaksis, penanda interogativa ka, iklan layanan masyarakat, AC Japan
Subjects: J > J11 Japanese language
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs Riyanda Daniati Putri
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:18
Last Modified: 16 Aug 2022 01:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year