FITRIYANI, Wilda (2017) Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia di Pasar Asia Tahun 2010-2015 (Studi Kasus di Negara: Jepang, Malaysia, India, dan Singapura). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_1.pdf Download (124kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf Download (114kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui daya saing ekspor kopi Indonesia di pasar Asia (Jepang, Malaysia, India, dan Singapura) pada tahun 2010-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dalam bentuk runtut waktu (2010-2015). Penelitian ini menggunakan analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan, Revealed Comparative Advantage, dan Trend. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Indonesia memiliki keunggulan kompetitif di pasar Asia dan cenderung sebagai negara pengekspor untuk komoditas kopi yang berada ditahap kematangan karena nilai rata-rata ISP sebesar 0,97 (2) Indonesia memiliki keunggulan komparatif di pasar Asia karena memiliki nilai rata-rata RCA sebesar 3,26 (3) Posisi daya saing kopi Indonesia di pasar asia yaitu di Jepang, Malaysia, India, Singapura menunjukkan bahwa daya saing kopi Indonesia masih tergolong lemah dibanding negara pesaing ekspor lainnya yang memiliki nilai RCA yang lebih besar dari Indonesia, dan Indonesia hanya lebih unggul dari China dan Brazil terhadap ekspor ke India karena China dan Brazil memiliki nilai RCA yang lebih kecil (4) Trend ekspor komoditas kopi Indonesia ke Malaysia, India, dan Singapura dalam lima tahun mendatang yaitu tahun 2016 sampai dengan 2020 mengalami peningkatan, sedangkan trend ekspor kopi Indonesia ke Jepang mengalami penurunan. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu (1) Untuk mempertahankan ekspor kopi di pasar Asia Indonesia perlu mengembangkan kegiatan promosi kopi dalam berbagai media dan memperkenalkan brand kopi Indonesia melalui dunia perfilman (2) Instansi terkait perlu mengadakan sosialisasi tentang penerapan Sistem Standarisasi Nasional agar para petani mengetahui standar kualitas kopi Indonesia yang baik dan pemerintah perlu menekankan sertifikasi pembenihan bibit kopi ke berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia (3) Untuk meningkatkan daya saing kopi Indonesia di pasar Asia pemerintah perlu meningkatkan disversifikasi terhadap produk olahan kopi sehingga meningkatkan nilai tambah dalam berbagai jenis produk selain minuman seperti kosmetik, herbal, farmasi, dll (4) Untuk meningkatkan permintaan kopi dari negara Malaysia, India, Singapura Indonesia dapat membuat keragaman ekspor dengan mengekspor produk olahan kopi seperti kopi dalam kemasan. Untuk memperbaiki kualitas kopi dibutuhkan pembinaan untuk para petani dengan cara melakukan sosialisasi tentang budidaya dan pengolahan kopi yang baik dan pemberian insentif kepada para petani berupa kemudahan dalam pemberian sertifikasi bibit kopi, pupuk, dan alat produksi bagi petani kopi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C17437 |
Uncontrolled Keywords: | Daya Saing, Ekspor, Kopi, Revealed Comparative Advantage, Indeks Spesialisasi Perdagangan |
Subjects: | E > E41 Economic development M > M35 Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 06:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 07:28 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1730 |
Actions (login required)
View Item |