Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kinerja Tim Paramedis di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

FALAH, Abimanyu (2022) Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kinerja Tim Paramedis di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (415kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (503kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (703kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf

Download (331kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf

Download (334kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Abimanyu Falah-F1B017083-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan merupakan faktor penting dalam tercapainya tujuan suatu organisasi, terutama organisasi dalam bidang pelayanan, seperti Rumah Sakit. Tingkat kepuasan pasien menjadi sorotan atau faktor penentu kepada masyarakat untuk menggunakan layanan rumah sakit tersebut atau tidak. Karena sampai saat ini masih terdapat beberapa kasus keluhan terkait buruknya pelayanan yang diterima oleh pasien. Maka dari itu peran dari kualitas pelayanan dan kinerja yang diberikan rumah sakit sangat berperan penting untuk menciptakan kepuasan bagi pasien penerima layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan dan kinerja tim paramedis terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan variable kualitas pelayanan (X1) dan kinerja tim paramedis (X2) dan kepuasan pasien BPJS (Y), pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Korelasi Kendall Tau-c, Koefisien Konkordinansi Kendall W, dan Regresi Ordinal. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kinerja tim paramedis terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Berdasarkan hasil perhitungan regresi ordinal antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS menunjukan koefisien regresi sebesar 0,505 atau 50,5% dengan arah yang positif, atau pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS sebesar 50,5% dan sisanya 49,5% oleh faktor lain. Hasil perhitungan regresi ordinal antara kinerja tim paramedis terhadap kepuasan menunjukan koesfisien regresi sebesar 0,576 atau 57,6% dengan arah yang positif, atau pengaruh yang diberikan kinerja tim paramedis terhadap kepuasan pasien BPJS sebesar 57,6% dan sisanya 42,4% oleh faktor lain. Hasil perhitungan regresi ordinal antara kualitas pelayanan dan kinerja tim paramedis terhadap kepusan pasien BPJS menunjukan koefisien regresi sebesar 0,665 atau 66,5% dengan arah yang positif, atau pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan dan kinerja tim paramedis terhadap kepuasan pasien BPJS sebesar 66,5% dan sisanya 33,5% oleh faktor lain. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan dan kinerja tim paramedis mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22266
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien BPJS, Kualitas Pelayanan, Kinerja Tim Paramedis
Subjects: P > P624 Public administration
S > S230 Service industries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr Abimanyu Falah
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:01
Last Modified: 22 Aug 2022 01:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17453

Actions (login required)

View Item View Item