APRILIA, Nurrani (2022) Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Konsep Diri 'Me' dengan Sikap Religius Siswa MAN 1 Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Download (593kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Download (566kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2023. Download (470kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2023. Download (498kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2023. Download (795kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Download (459kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Download (473kB) |
|
PDF
LAMPIRAN-Nurrani Aprilia-F1A018070-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
Abstract
Remaja adalah kelompok yang rentan untuk melakukan penyimpangan sosial. Salah satu solusi untuk mengatasi penyimpangan adalah meningkatkan sikap religius. Sikap religius bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor eksternal sikap religius adalah konformitas teman sebaya dan konsep diri ‘me’. Penelitian ini menjelaskan hubungan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri ‘me’ dengan sikap religius siswa di MAN 1 Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik sampel acak berstrata proporsional sejumlah 117 responden. Metode pengolahan data menggunakan Uji Korelasi Tau Kendall. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) terdapat hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan sikap religius siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,241 dan nilai signifikasi 0,000, (2) terdapat hubungan positif antara konsep diri ‘me’ dengan sikap religius siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,159 dan nilai signifikasi 0,20, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara konformitas teman sebaya dan konsep diri ‘me’ dengan sikap religius dengan nilai kontribusi variabel bebas sebesar 23,4% dengan variabel terikat. Kedua hipotesis (H1 dan H2) berhubungan positif dengan sikap religius karena konformitas dan konsep diri merupakan salah satu tindakan yang terorganisasi. Beberapa hal yang memengaruhi proses terbentuknya tindakan terorganisasi manusia yaitu imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati. Tindakan imitasi responden dalam penelitian ini dapat berupa kemauannya meniru nilai dan norma kelompoknya. Sugesti yang dilakukan responden berupa persepsinya mengenai kelompok sosialnya. Tindakan identifikasi responden digambarkan melalui pengetahuannya mengenai nilai dan norma yang ada di kelompok. Simpati yang dilakukan responden berupa penyesuaiannya terhadap lingkungan sosial. Karakter lingkungan sosial menjadi unsur perantara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan pembentukan sikap seseorang, sehingga lingkungan MAN yang berbasis agama secara tidak langsung mendorong siswa untuk bersikap religius.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22243 |
Uncontrolled Keywords: | religiusitas, lingkungan sosial, penyesuaian, konsep diri, remaja |
Subjects: | R > R204 Religious life S > S469 Sociology T > T78 Teenagers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Nurrani Aprilia |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 03:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17511 |
Actions (login required)
View Item |