Strategi Komunikasi Bisnis UMKM di Era Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru Kabupaten Cilacap)

SARI, Dian Indah (2022) Strategi Komunikasi Bisnis UMKM di Era Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (4MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2023.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI-2022.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dian Indah Sari-F1C017062-SKRIPSI2022.pdf

Download (553kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan kematian hampir 15 juta orang di seluruh dunia. Pandemi ini memengaruhi seluruh sektor kehidupan manusia. Di Indonesia hampir semua sektor terdampak pandemi terutama sektor ekonomi yang menjadi tumpuan bagi masyarakat salah satunya UMKM. Salah satu UMKM unggulan di Kabupaten Cilacap yang terdampak Covid-19 adalah UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi bisnis UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru di Era Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan paradigma post positivism. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum adanya pandemi Covid-19 UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru melakukan penjualan secara konvensional namun ketika pandemi Covid-19 UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru mengalami penurunan omset dan produksi sehingga perlu melakukan startegi komunikasi bisnis yang tepat agar tetap bertahan. Adapun strategi komunikasi bisnis yang dilakukan oleh UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru di masa pandemi covid-19 adalah 1) Memanfaatkan media sosial facebook, instagram dan whatsapp untuk melakukan promosi, 2) Memperbaiki tampilan media sosial facebook, instagram dan whatsapp, 3) menjahit kain batik menjadi masker dan 4) memberikan diskon. Bentuk komunikasi bisnis yang dilakukan oleh UMKM Leksana Batik Jaya Kutawaru sebelum pandemi covid-19 menggunakan komunikasi offline/konvensional dan setelah pandemi covid-19 menggunakan komunikasi online namun komunikasi offline/konvensional juga tetap digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22262
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Bisnis, Pandemi Covid-19, Teori AIDDA
Subjects: B > B412 Business
C > C631 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Dian Indah Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:45
Last Modified: 22 Aug 2022 07:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year