RAMDHANI, Tri Cahya (2022) Peran Modal Sosial dalam Penyelenggaraan Pembelajaran di Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Pondok Pesantren Zam zam Muhammadiyah Cilongok, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Download (78kB) |
|
PDF
LEGALITAS-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Download (113kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2023. Download (116kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2023. Download (171kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 25 August 2023. Download (157kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Download (110kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tri Cahya Ramdhani-F1A018079-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
Abstract
Pendidikan dimasa pandemi Covid-19 mengalami banyak sekali kesulitan. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan tentunya tidak terlepas dari permasalahan tersebut, bahkan bisa dikatakan pesantren lebih sulit untuk menyesuaikan model pendidikan di masa pandemi ini. Modal sosial merupakan serangkaian nilai, jaringan dan kepercayaan mampu untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripskan peran modal sosial dalam penyelenggaraan pembelajaran di pondok pesantren. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Zam zam Muhammadiyah Cilongok, salah satu pondok pesantren yang menerapkan pembelajaran secara daring dan menyelenggarakan pembelajaran luring secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sasaran penelitian yakni pengurus, ustadz, ustadzah, santri dan wali santri pesantren Zam zam, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, FGD dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana (2014), kemudian data divalidasi dengan teknik triangualasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran modal sosial sangatlah dibutuhkan dalam mensukseskan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, baik secara daring maupun luring. Setidaknya ada dua hal yang menjadi kunci keberhasilan dalam melaksanakan pendidikan di pondok pesantren Zam zam, yang pertama pondok pesantren Zam zam telah memupuk serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sebuah nilai, sehingga akan tercipta kesepakatan bersama antar elemen dalam lingkungan pesantren. Kedua, yakni memberikan ruang partisipasi kepada semua pihak, dengan tingkat partisipasi yang tinggi tentunya akan tercipta sebuah relasi kerjasama yang dapat memberikan daya dukung yang kuat. Keberadaan modal sosial yang dimiliki oleh pondok pesantren Zam zam telah mampu memberikan solusi atas problematika pembelajaran dimasa pandemi Covid-19, sekaligus membawa pengaruh perubahan kepada semua warga pondok pesantren Zam zam khususnya dalam penguasaan teknologi informasi sebagai media belajar mengajar bagi para guru dan santri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22300 |
Uncontrolled Keywords: | Modal Sosial, Pandemi, Pembelajaran Pesantren |
Subjects: | R > R186 Religion and sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mr Tri Cahya Ramdhani |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 02:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 02:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17728 |
Actions (login required)
View Item |