FAIRIZTA, Yunia Arien (2022) Pengaruh Ekonomi Digital, Kredit Modal Kerja, Partnership, Training, dan Inflasi Terhadap Pendapatan IMK di Indonesia. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Download (24kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Download (28kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Download (333kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yunia Arien Fairizta-C2A018004-Tesis-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
Abstract
Pengusaha di negara berkembang memainkan peran positif dalam proses pertumbuhan ekonomi.Di era digital seperti saat ini, penguasaan teknologi khususnya strategi dalam pemasaran melalui online untuk mengembangkan dan melakukan ekspansi pasar atas produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital yang diproyeksikan dengan jumlah Industri Mikro dan Kecil (IMK) yang menggunakan e-commerce, kredit, partnership, training, dan inflasi terhadap pendapatan di Indonesia pada tahun 2017-2020. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah variabel ekonomi digital yang diproyeksikan dengan memperhitungkan jumlah IMK yang menggunakan pemasaran di pasar online atau e-commerce. Selain itu, penelitian ini menggunakan objek Industri Mikro dan Kecil (IMK) di seluruh Provinsi di Indonesia yangmana penelitian sebelumnya masih sangat jarang diteliti. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ekonomi digital, kredit, dan training berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan IMK di Indonesia. Sedangkan partnership dan inflasi tidak berpengaruh terhadap pendapatan IMK di Indonesia. Hasil ini mengimplikasikan bahwa, 1) Penggunaan ekonomi digital perlu disosialisasikan lebih masif; 2) Prosedur dalam mengakses kredit harus lebih disederhanakan dengan tetap mempertimbangkan segala resiko di masa mendatang, 3) Memberikan pendidikan dan pelatihan yang memadai dan sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, 4) Pelaku IMK yang belum bermitra diharapkan untuk memikirkan kembali keuntungan yang diperoleh jika menjalin kemitraan, 5) Pemerintah harus siap dan siaga dalam setiap kondisi untuk menyeimbangkan kehidupan masyarakat bernegara meskipun inflasi sedang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222194 |
Uncontrolled Keywords: | Pendapatan IMK, Ekonomi Digital, Kredit, Partnership, Training, Inflasi |
Subjects: | I > I222 Internal revenue I > I60 Income |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yunia Arien Fairizta |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17966 |
Actions (login required)
View Item |