Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 Di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas

KHARIS, Blesing Siregar (2022) Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 Di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (BabI)
Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2023.

Download (793kB)
[img] PDF (BabII)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2023.

Download (939kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img] PDF (BabV)
Bab 5.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 di Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas dan kendala apa saja yang dihadapi masyarakat di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah berbagai pendekatan yang dilakukan oleh partisipasi politik masyarakat Kelurahan Pabuaran pada pilbup mencapai 75,52%. Kelurahan Pabuaran menduduki urutan ke-7 atau paling akhir untuk tingkat Kecamatan Purwokerto Utara meskipun sudah dilakukan berbagai macam strategi untuk meningkatkan tingkat partisipasi politik masyarakat yang dilakukan oleh Tokoh Masyarakat, Tim Sukses Achmad Husein – Sadewo, Pengurus PDIP, Tokoh Perempuan, KPPS Kelurahan Pabuwaran dan Perwakilan dari KPU Banyumas yaitu telah melakukan sosialisasi, mengajak masyarakat untuk memilih salah satu pasangan calon, melakukan kampanye, dialog, dan lainnya dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Kelurahan Pabuwaran. Adapun kendala yang dihadapi dalam partisipasi politik masyarakat di Kelurahan Pabuwaran yaitu kurang paham terkait kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas; Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut memilih pada saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas; Adanya pekerja yang melakukan pekerjaannya di luar kota sehingga tidak dapat meninggalkan pekerjaan pada saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas; Masih ada masyarakat yang kurang peduli terhadap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas karena merasa kecewa, tidak mendengar aspirasi masyarakat dan tidak merangkul masyarakat kecil; Sebagian masyarakat di Kelurahan Pabuwaran adalah pendatang yang hanya bekerja dibidang swasta, mempunyai bisnis, dan masih ada beberapa masyarakat yang belum percaya kepada kedua calon bupati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22344
Uncontrolled Keywords: partisipasi politik, pilbup, kendala partisipasi politik.
Subjects: P > P394 Political participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mr KHARIS BLESSING SIREGAR
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:52
Last Modified: 31 Aug 2022 06:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17974

Actions (login required)

View Item View Item