Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro dan Kecil pada Sektor Perdagangan (Studi Kasus pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam KOPDIT SAE Karanggintung Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas)

MUKTISARI, Nurina Sharavina (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro dan Kecil pada Sektor Perdagangan (Studi Kasus pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam KOPDIT SAE Karanggintung Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025- Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2023.

Download (196kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2023.

Download (317kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2023.

Download (233kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurina Sharavina Muktisari-C1A018025-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Usaha Mikro dan Kecil memiliki peranan yang penting dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Salah satu sektor usaha mikro dan kecil yaitu sektor perdagangan. Modal sendiri yang dikeluarkan oleh pedagang menjadi sebuah hal yang diperlukan untuk menjalankan usahanya, selain itu umumnya usaha mikro dan kecil memiliki keterbatasan modal, sehingga diperlukan adanya tambahan modal dari lembaga kredit seperti koperasi. Lama usaha dapat dijadikan sebagai bentuk pengalaman usaha untuk mengembangkan usahanya. Pada setiap penambahan waktu kerja akan menambah peluang untuk menambah hasil penjualan. Tujuan dari penelitian ini pertama untuk menganalisis pengaruh variabel modal sendiri, modal pinjaman, lama usaha dan jam kerja terhadap pendapatan pedagang. Kedua untuk mengetahui pendapatan keluarga pedagang dalam kaitannya dengan standar hidup layak di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner kepada responden. Untuk mengetahui jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling, dengan hasil 76 sampel usaha mikro dan 4 sampel usaha kecil. Untuk menganalisis variabel modal sendiri, modal pinjaman, lama usaha dan jam kerja digunakan analisis regresi linier berganda, sedangkan untuk menghitung pendapatan keluarga dalam kaitannya dengan standar hidup layak digunakan rasio pendapatan perkapita. Berdasarkan hasil penelitian uji f variabel modal sendiri, modal pinjaman, lama usaha dan jam kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha mikro dan kecil. Adapun uji t menunjukkan variabel modal sendiri, modal pinjaman dan jam kerja berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel lama usaha tidak berpengaruh terhadap pendapatan usaha mikro dan kecil. Hasil penelitian kedua, pedagang sudah memenuhi standar hidup layak di Kabupaten Banyumas. Implikasi penelitian ini adalah untuk pedagang dapat menambah modal sendiri agar pendapatan lebih tinggi. Modal pinjaman dapat dimanfaatkan dengan lebih baik lagi, dengan begitu pendapatan akan bertambah. Untuk jam kerja pedagang bisa mencurahkan jam kerjanya lagi supaya output yang dihasilkan juga bertambah. Lama usaha seharusnya dijadikan sebagai pengalaman dalam melihat perilaku konsumsi masyarakat agar menambah pendapatan. Pedagang yang sudah mencapai angka hidup layak sebaiknya memanfaatkan sisa pendapatan yang diterima sebagai tabungan atau dapat digunakan untuk menambah modal usaha. Untuk pedagang yang belum mencapai standar hidup layak sebaiknya melakukan berbagai strategi aktif maupun pasif supaya standar hidupnya tetap terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22411
Uncontrolled Keywords: Usaha Mikro dan Kecil, Pendapatan, Modal Sendiri, Modal Pinjaman, Lama Usaha, Jam Kerja
Subjects: I > I60 Income
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Nurina Sharavina Muktisari
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:24
Last Modified: 22 Sep 2022 01:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item