Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kebutuhan Layanan dan Usulan Perbaikan pada Salsa Beach Hotel menggunakan Integrasi Service Quality (Servqual), Refined Kano, dan TRIZ

FAZRIN, Dea Aulia (2022) Analisis Kebutuhan Layanan dan Usulan Perbaikan pada Salsa Beach Hotel menggunakan Integrasi Service Quality (Servqual), Refined Kano, dan TRIZ. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2023.

Download (547kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2023.

Download (805kB)
[img] PDF (BabVI)
BAB VI-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf

Download (393kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf

Download (654kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DEA AULIA FAZRIN-H1E018003-SKRIPSI-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada akhir pekan maupun hari libur nasional, Pantai di Anyer selalu dipenuhi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kemajuan pariwisata di Anyer perlu didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang sesuai kebutuhan pelanggan, salah satunya adalah tersedianya hotel yang memiliki kualitas layanan memadai. Terdapat beberapa hotel di Anyer yang dikelompokkan berdasarkan kelasnya, mulai dari bintang 1 sampai bintang 5. Berdasarkan hasil kajian terhadap ulasan pelayanan hotel dari beberapa pelanggan pada berbagai aplikasi booking hotel, ditemukan banyak ulasan yang kurang baik terhadap layanan hotel bintang 2 di Anyer. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pelanggan terhadap kualitas layanan hotel dan memberikan usulan perbaikan terhadap hasil analisis tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengintegrasikan metode Service Quality dan Refined Kano untuk mengetahui atribut yang harus diprioritaskan dan dikembangkan, sedangkan usulan perbaikan diberikan dengan menggunakan metode TRIZ. Penelitian ini menggunakan 110 responden untuk mewakili persepsi pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh hotel bintang 2 ini. Teknik metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Metode Service Quality menghasil kategori atribut kuat dan lemah dalam layanan kualitas. Analisis selanjutnya dengan metode Model Kano menghasilkan 3 atribut kategori Attractive, 8 atribut kategori Must-be, 6 atribut kategori One-dimensional, dan 6 atribut kategori Indifferent. Integrasi Service Quality dan Refined Kano untuk menentukan True Customer Needs menghasilkan 8 atribut yang harus diprioritaskan dan menghasilkan atribut lingkungan yang nyaman dan tempat parkir yang luas memiliki nilai tertinggi yaitu 6,50. Kemudian 8 atribut tersebut dianalisis menggunakan metode TRIZ untuk mengetahui usulan perbaikan dari tiap atribut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H22224
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Refined Kano, TRIZ
Subjects: E > E252 Engineering
S > S230 Service industries
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Dea Aulia Fazrin
Date Deposited: 06 Oct 2022 00:40
Last Modified: 06 Oct 2022 00:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18257

Actions (login required)

View Item View Item