Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemodelan dan Analisis Kecepatan Motor DC Berbasis Kontrol Proporsional, Integral dan Derivatif

NULLUTFHFI, Munzayin (2019) Pemodelan dan Analisis Kecepatan Motor DC Berbasis Kontrol Proporsional, Integral dan Derivatif. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1.COVER - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf

Download (602kB)
[img] PDF (Legalitas)
2.Legalitas_a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf

Download (598kB)
[img] PDF (BabI)
BAB - I - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2023.

Download (600kB)
[img] PDF (BabII)
BAB - II - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2023.

Download (995kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB - III - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2023.

Download (745kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB - IV - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB - V - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf

Download (609kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR - PUSTAKA - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf

Download (697kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Munzayin Nullutfi - H1E012009 - Skripsi - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pemodelan dan analisis kecepatan motor DC berbasis sistem kontrol proporsional, integral, dan derivatif (kontrol PID) telah dilakukan. Pemodelan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem kontrol yang diberikan pada sistem motor DC. Hal paling utama adalah memodelkan dan mensimulasikan hasil model fisis motor DC dan merepresentasi dengan Matlab. Setelah itu dilakukan simulasi dengan membuat model running program pada Matlab. Running program yang dibuat dengan dua sistem berbeda, yaitu sistem loop terbuka (tanpa ada sistem kontrol) dan dengan sistem loop tertutup (dengan adanya penambahan sistem kontrol). Hasil dari pemodelan yang disimulasikan dengan Matlab pada sistem tanpa sistem kontrol menghasilkan grafik dan mengalami kecepatan dalam keadaan stabil pada waktu 3,45 detik dan amplitude 0,099 meter. Sedangkan sistem loop tertutup (close loop) dengan penambahan nilai variabel kontrol proporsional (Kp) = 10, kontrol integral (Ti) = 30, dan kontrol derivatif (Td) = 9 pada grafik yang dihasilkan mengalami respon cepat, dengan lonjakan maximum pada waktu 1,44 detik dan amplitude 0,751 meter. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari grafik dengan penambahan sistem kontrol, respon kecepatan motor DC sudah terlihat baik, hanya saja nilai variabel dari sistem kontrol yang diberikan tidak diperhitungkan sesuai dengan referensi. Nilai variabel sistem kontrol yang diberikan pada penelitian ini menggunakan metode trial error (coba-coba). Dengan adanya pemodelan dari grafik respon kecepatan motor DC yang direpresentasikan dengan Matlab, memudahkan adanya perancangan motor DC secara komputasi, maka penelitian ini cukup berhasil. Hal ini dapat disimpulkan dengan memodelkan kecepatan motor dan penambahan sistem kontrol memudahkan pengguna dan perancang motor DC dengan mengkaji kecepatan yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: K19129
Uncontrolled Keywords: motor DC, loop terbuka (open loop), loop tertutup (close loop), kontrol proporsional, integral, dan derivatif
Subjects: M > M575 Motors
P > P276 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1 Fisika
Depositing User: Mr Saino Saino
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:31
Last Modified: 18 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18320

Actions (login required)

View Item View Item