AZIS, Muhammad Thoriq (2022) Game Edukasi Pemahaman Pengetahuan Perbedaan Jenis Sampah Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Puspa Kuncup Kencana Kedungwuluh Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Download (141kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2023. Download (93kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2023. Download (159kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2023. Download (195kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Download (138kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Thoriq Aziz-H1D018010-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
Abstract
Menurut riset Kementerian Kesehatan tahun 2020 diketahui bahwa 20 persen dari total masyarakat Indonesia yang peduli terhadap kebersihan dan kesehatan. Kurangnya perhatian masyarakat terhadap kebersihan ini salah satunya dipengaruhi oleh kebiasaan buang sampah sembarang yang memberikan contoh yang buruk kepada generasi muda terutama anak usia dini. Ditambah pandemi virus Covid-19 menciptakan lingkungan pembelajaran yang kurang maksimal baik bagi anak-anak maupun bagi tenaga pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi pemahaman pengetahuan perbedaan jenis sampah, ditengah rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, serta mengetahui kelayakan dan kualitas dari game edukasi perbedaan jenis sampah sebagai media pembelajaran untuk anak-anak usia dini ditengah pandemi virus Covid-19. Game edukasi ini akan menjadikan semua siswa, tenaga pengajar, dan wali murid Taman Kanak-kanak Puspa Kuncup Kencana Kedungwuluh Purwokerto sebagai responden. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen one group pretest-posttest. Penelitian ini juga menggunakan metode pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 fase/tahap, yaitu a) inisiasi, b) pra-produksi, c) produksi, d) testing, e) beta dan f) distribusi atau perilisan. Game edukasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman C# dan Unity sebagai game enginenya. Game ini kompatibel untuk sistem operasi android 6 hingga android 12 terbaru saat ini, game ini memiliki dua menu utama yaitu, “MULAI” dan “BELAJAR”. Menu MULAI akan membawa pengguna untuk memulai permaian perbedaan jenis sampah, didalam setiap level terdapat pertanyaan yang harus dijawab oleh pengguna untuk menyelesaikan sebuah level dalam game edukasi ini. Menu BELAJAR, menu ini akan menampilkan video pengetahuan yang perlu dipelajari untuk menambah pengetahuan seputar kebersihan, jenis sampah dan pengetahuan seputar tata cara bermain pada game edukasi ini. Hasil dari pengujian alpha pada game ini berada di kategori “Sangat Layak” dan hasil dari pengujian beta pada game ini berada di kategori “Sangat Baik” sehingga hasil pengujian ini membuktikan bahwa game edukasi pemahaman pengetahuan perbedaan jenis sampah sudah siap digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22234 |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Jenis Sampah, Unity |
Subjects: | E > E76 Educational games I > I141 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Muhammad Thoriq Aziz |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:28 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:28 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18360 |
Actions (login required)
View Item |