HAPSARI, Moniq Rizki (2019) Analisis Pembebanan Jaringan Jalan Akibat Penggunaan Lahan Perumahan di Kota Purbalingga Dengan Metode All-Or-Nothing. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Download (45kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Download (73kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAB I-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (BabII)
BAB II-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
PDF (BabIII)
BAB III-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
PDF (BabIV)
BAB IV-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (BabV)
BAB V-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Download (16kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Moniq Rizki Hapsari-H1D014028-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan Indonesia ditandai dengan perkembangan yang terjadi pada kota satu dengan kota yang lainnya. Purbalingga adalah salah satu contoh bagaimana berkembangnya suatu kota kecil. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan jumlah rumah tangga yang selanjutnya akan membutuhkan kebutuhan lahan untuk rumah dan kegiatan. Selanjutnya dari pertumbuhan lahan perumahan tersebut akan menghasilkan pergerakan dari perumahan ke kegiatan yang lainnya. Tetapi bagaimanapun juga hal itu dapat menyebabkan masalah transportasi jika ketersediaan (supply) tidak dapat memenuhi ketersediaan (supply) yang terkait dengan infrastruktur. Untuk mengurangi masalah transportasi, antara permintaan dan ketersediaan sistem harus seimbang. Kondisi ini dapat diwujudkan dengan perencanaan transportasi. Dalam perencanaan transportasi langkah pertama yaitu membuat suatu Matriks Asal Tujuan (MAT). MAT merupakan matriks dua dimensi berisi jumlah pergerakan antar zona. MAT belum bisa berbicara banyak jika belum diketahui akan melewati rute mana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rute perjalanan prioritas dan pembebanannya ke jaringan jalan. Rute perjalanan dipilih berdasarkan rute terpendek dengan algoritma Floyd-Warshall. Sedangkan pembebanan jaringan jalan dihitung dengan metode All-OrNothing. Metode ini mengganggap semua pejalanan dari i ke j akan mengikuti rute tercepat (jarak, waktu, biaya). Metode ini mengesampingkan faktor kemacetan. Hasil analisis menunjukkan apabila jarak antar zona dekat maka rute perjalanan terpendeknya berupa jalur lurus. Tetapi tidak dengan antar zona yang mempunyai jarak yang jauh satu sama lainnya. Dari hasil pembebanan, volume pergerakan terbesar yaitu 188 kendaraan/hari dan volume pergerakan terkecil yaitu 1 kendaraan/hari. Jumlah pergerakan yang sedikit akan mengakibatkan volume pada pembebanan jaringan jalan sedikit pula.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19065 |
Uncontrolled Keywords: | pergerakan, MAT, rute perjalanan, all-or-nothing |
Subjects: | R > R284 Road maps |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 08:03 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 01:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1839 |
Actions (login required)
View Item |