Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Gambaran Sikap dan Perilaku Mahasiswa Farmasi Terhadap Pembelajaran Daring di Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

FATIMATUZZARA, Fiparmada (2022) Gambaran Sikap dan Perilaku Mahasiswa Farmasi Terhadap Pembelajaran Daring di Universitas Harapan Bangsa Purwokerto. Skripsi thesis, Univeritas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 November 2023.

Download (209kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 November 2023.

Download (208kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 November 2023.

Download (325kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fiparmada Fatimatuzzara-I1C018048-Skripsi-FIKES-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada dunia pendidikan. Pemerintah mengarahkan untuk merubah pembelajaran luring menjadi daring. Penelitian sebelumnya menyatakan adanya perubahan sikap dan perilaku belajar mahasiswa. dimana dapat mempengaruhi keterampilan mahasiswa farmasi yang akan berpengaruh pada kualitas pelayanan kefarmasian di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap dan perilaku mahasiswa farmasi terhadap pembelajaran daring serta mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap dan perilaku pada mahasiswa aktif angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan di Program Studi S1 Farmasi Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto. Kuesioner sikap dan perilaku disusun oleh tim peneliti berdasarkan hasil FGD (Forum Group Discussion) bersama mahasiswa Jurusan Farmasi dari Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, STIKES Ibnu Sina, dan Universitas Harapan Bangsa. Responden dalam penelitian berjumlah 205 orang mahasiswa tingkat satu hingga empat yang diambil menggunakan metode proportional sampling. Data dianalisis secara deskriptif dan diuji komparasi menggunakan uji Kruskall Wallis untuk kuesioner sikap dan One Way ANOVA untuk kuesioner perilaku. Sebanyak 87,51% responden memiliki sikap positif dan 12,49% memiliki sikap negatif terhadap pembelajaran daring. Sebesar 26,83% responden berperilaku baik, 67,32% berperilaku cukup, dan 5,85% berperilaku kurang terhadap pembelajaran daring. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap dan perilaku mahasiswa pada pembelajaran daring angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021 dengan p-value sebesar 0,373 dan 0,225. Secara keseluruhan, mahasiswa farmasi pada penelitian ini sebagian besar memiliki sikap positif dan berperilaku cukup terhadap pembelajaran daring dimana hal tersebut tidak dipengaruhi oleh tingkat mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I22171
Uncontrolled Keywords: sikap; perilaku; mahasiswa farmasi; pembelajaran daring; tingkat mahasiswa
Subjects: C > C843 Cooperative learning
H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Fiparmada Fatimatuzzara
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:56
Last Modified: 04 Nov 2022 07:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18461

Actions (login required)

View Item View Item