Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Hukum Standar Prosedur Operasional Perawatan Bayi Baru Lahir Dalam Pelayanan Kesehatan (Studi di Klinik Pratama Riyani Kabupaten Pemalang)

NURROHMAH, Rianah (2022) Implementasi Hukum Standar Prosedur Operasional Perawatan Bayi Baru Lahir Dalam Pelayanan Kesehatan (Studi di Klinik Pratama Riyani Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rianah Nurrohmah-E1A018048-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi hukum standar prosedur operasional perawatan bayi baru lahir dalam pelayanan kesehatan dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam implementasi hukum standar prosedur operasional perawatan bayi baru lahir dalam pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Riyani Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan analisis yuridis sosiologis serta spesifikasi penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Klinik Pratama Riyani Kabupaten Pemalang. Penentuan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling atau criteria based selection dan snowball sampling. Jenis sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Pengolahan data menggunakan metode reduksi data, kategorisasi data dan display data, kemudian disajikan dalam bentuk matriks kualitatif dan teks naratif serta dianalisis menggunakan metode analisis isi dan analisis perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi hukum standar perawatan bayi baru lahir dalam pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Riyani Kabupaten Pemalang telah terimplementasikan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan 7 (tujuh) parameter meliputi baiknya resusitasi bayi; baiknya pemotongan dan perawatan tali pusat; baiknya pelaksanaan mempertahankan suhu tubuh bayi; baiknya identifikasi bayi; baiknya pemantauan bayi baru lahir selama jam pertama; baiknya perawatan selanjutnya 1-24 jam setelah lahir; baiknya perawatan harian bayi. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam implementasi hukum perawatan bayi baru lahir dalam pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Riyani Kabupaten Pemalang, meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi : faktor hukum berupa Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 53 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Neonatal Esensial dan Standar Prosedur Operasional dalam setiap pelaksanaan pelayanan perawatan bayi baru lahir sebagai faktor sosial; faktor penegak hukum berupa kinerja yang baik, ramah, tanggap, sabar dan telaten, punya rasa tanggungjawab sebagai faktor personal serta kerjasama yang baik sebagai faktor sosial; faktor sarana dan prasarana berupa ketersediaan tempat atau ruangan persalinan, ruang bayi, toilet, kendaraan sebagai faktor sosial; faktor masyarakat berupa kepuasan pasien sebagai faktor sosial; faktor kebudayaan berupa adanya kedisiplinan dan tepat waktu dalam melaksanakan perawatan bayi baru lahir di Klinik Pratama Riyani sebagai faktor personal. Faktor penghambat meliputi : faktor penegak hukum berupa jarang dilakukannya penyuluhan dan/atau pelatihan tentang perawatan bayi baru lahir oleh Dinas Kesehatan sebagai faktor sosial; faktor masyarakat berupa kurangnya kesadaran masyarakat (pasien) tentang pentingnya perawatan bayi baru lahir sebagai faktor personal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E22368
Uncontrolled Keywords: Implementasi Hukum; Perawatan Bayi Baru Lahir; Faktor Personal; Faktor Sosial
Subjects: I > I117 Infants Care
M > M197 Medicine Law and legislation
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rianah Nurrohmah
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:10
Last Modified: 08 Nov 2022 01:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item