Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Fasies Batubara Berdasarkan Pendekatan Palinologi Daerah Mampai Jaya dan Sekitarnya, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Tengah

PRATAMA, Ferdial Sukma (2019) Fasies Batubara Berdasarkan Pendekatan Palinologi Daerah Mampai Jaya dan Sekitarnya, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf

Download (623kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf

Download (674kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-FerdialPratama-H1F013085-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan dengan tatanan tektonik yang kompleks sehingga menyebabkan aktivitas tektonik, tanah longsor dan lain-lain yang dapat mempengaruhi perubahan ketinggian muka tanah, hal ini menyebabkan perubahan keadaan lingkungan pada daerah sekitarnya. Mampai Jaya secara administratif merupakan desa di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Tengah dan masuk ke dalam Blok IKM “Indo Kurnia Mineral. Daerah ini termasuk ke dalam tepi barat Cekungan Barito. Cekungan ini diisi oleh batuan Tersier yang tersusun oleh Formasi Tanjung, Anggota Batugamping dan Anggota Batuan Gunung Api malasan Formasi Montalat, Formasi Warukin, dan Formasi Dahor, serta batuan beku andesit terobosan. Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian untuk mengetahui bagimana hubungan antara litologi dengan palinologi berdasarkan beberapa metode penelitaian yaitu, analisis geomorfologi, granulometri dan analisis palinologi. Satuan geomorfologi daerah penelitian secara genetik dikontrol oleh pelapukan, erosi dan proses pengendapan. Kebanyakan dari pola aliran dasar dikontrol oleh struktur regional yang berkembang pada daerah tersebut. Stratigrafi Daerah Mampai dan sekitarnya terdiri dari 4 satuan batuan yang diperoleh dari data litologi serta dilakukan analisis petrografi dan mikropaleontologi untuk mengetahui karakteristik batuan secara mikroskopis serta mengetahui umur dari batuan tersebut guna merekonstruksi sejarah geologi pada daerah penelitian. Analisisis palinologi dilakukan pada 24 sample yang ada dan didapatkan 22 jenis polen dan spora. Terdapat beberapa jenis spesies yang dominan diantaranya acrostichum aureum, cicatricosisporites dorogensis, dicolpopolis, laevigatosporites, monoporites anulatus, palmaepolinites kutchensis, proxapertites operculatus, retitricolporites equatorialis, dan verrucatosporites. Zonasi palinologi hanya berlaku untuk indonesia bagian barat yang merupakan bagian dari lempeng eurasia dikarenakan sejarah tektonik dan penyebaran geografis dari tumbuhannya berbeda dengan Indonesia bagian timur. Untuk itu berdasarkan fosil indeks yang ditemukan pada lokasi penelitian dapat ditentukan umurnya yaitu akhir eocene. Dilihat dari kelimpahan fossilnya, batubara pada daerah penelitian terendapkan pada lingkungan Transitional Lower Delta Plain yang mengandung karakteristik litofasies dari sekuen tersebut yang merupakan juga sekuen bay-fill yang dicirikan oleh litologi yang berbutir halus dan lebih tipis daripada sekuen upper delta plain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19122
Uncontrolled Keywords: batubara, palinologi, fasies, kalimantan tengah
Subjects: C > C501 Coal
G > G77 Geology
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:26
Last Modified: 09 Nov 2022 07:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18508

Actions (login required)

View Item View Item