Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 3 Purwokerto pada Pembelajaran Tatap Muka di masa Pandemi Covid-19

APRIANTI, Yuni Melisa (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 3 Purwokerto pada Pembelajaran Tatap Muka di masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 November 2023.

Download (175kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 November 2023.

Download (222kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 November 2023.

Download (222kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Yuni Melisa A - C1L018041 - SKRIPSI - 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pada peserta didik SMA Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan melakukan suatu percobaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan instrumen soal pilihan ganda terkait materi ketenagakerjaan. Sampel dari penelitian ini berjumlah 71 dari populasi sebesar 179. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling dimana responden yang dijadikan sampel berdasarkan atas kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran make a match. Implikasi dari kesimpulan diatas adalah: guru diharapkan lebih memperhatikan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan sehingga peserta didik lebih termotivasi dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Sekolah sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan seluruh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match mampu meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22474
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar.
Subjects: A > A19 Academic achievement
C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs yuni melisa aprianti
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:45
Last Modified: 10 Nov 2022 06:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item