Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penentuan Nilai Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan di Kawasan Pusat Kegiatan Kabupaten Purbalingga

NUGROHO, Adi Prasetyo (2019) Penentuan Nilai Batas Kecepatan Maksimum Kendaraan di Kawasan Pusat Kegiatan Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi--2019.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-2019.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Adi Prasetyo Nugroho-H1D01410-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adi Prasetyo Nugroho-H1D014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Central Business District (CBD) atau Kawasan Pusat Kegiatan adalah bagian kecil dari kota yang merupakan pusat dari segala kegiatan politik, sosial budaya, ekonomi dan teknologi. Karena menjadi pusat dari segala kegiatan maka banyak terjadi permasalahan transportasi, yaitu kemacetan dan kecelakaan. Menurut Satlantas Polres Purbalingga angka kecelakaan lalu lintas tahun 2016 di daerah pusat kegiatan Kabupaten Purbalingga cukup tinggi di Jalan Raya Jenderal Sudirman dan Jalan S. Parman menempati peringkat 50 dan 81 dari 211 yang sudah diperingkatkan. Oleh karena itu, pembatasan kecepatan di pusat kegiatan sangat penting untuk mengurangi angka kecelakaan pada pengendara dan pengguna jalan lainnya (pejalan kaki). Di Indonesia, pembatasan kecepatan maksimum kendaraan sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 111 Tahun 2015 tentang tata cara penetapan batas kecepatan di kawasan pusat kegiatan diizinkan maksimal sebesar 40 km/jam. Tujuan penelitian untuk mengetahui batas nilai kecepatan maksimum di kawasan pusat kegiatan Kabupaten Purbalingga menggunakan metode percentile 85 dan mengetahui jenis marka jalan yang paling berpengaruh terhadap penurunan nilai kecepatan kendaraan. Pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2014 tentang marka jalan, ada beberapa jenis marka jalan yang dapat mempengaruhi penurunan kecepatan yaitu marka garis tepi, marka garis tengah, marka paku jalan, rumble strips, dan zebra cross. Penentuan jenis marka jalan di analisis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Lokasi penelitian yaitu: Jl. Jenderal Soedirman (ruas timur), Jl. Jenderal Soedirman (ruas barat), dan Jl. S. Parman (arah Klampok dan arah Purbalingga). Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa nilai batas kecepatan maksimum kendaraan dengan menggunakan analisis metode percentile 85 th adalah Jalan Jenderal Soedirman ruas barat arah Alun-Alun Purbalingga sebesar 52 km/jam, pada Jalan Jenderal Soedirman ruas barat arah Padamara sebesar 48 km/jam, pada Jalan S. Parman arah Klampok sebesar 47 km/jam, pada Jalan S. Parman arah Purbalingga sebesar 45 km/jam, dan pada jalan Jenderal Soedirman ruas timur sebesar 48 km/jam kemudian di plotkan ke dalam grafik probabilitas tingkat fatalitas. Didapatkan persentase terkecil yaitu 35% dengan kecepatan 40 km/jam. Kemudian didapatkan jenis marka jalan yang paling berpengaruh terhadap penurunan kecepatan kendaraan di ketiga lokasi tersebut. Untuk parameter jenis marka yang paling berpengaruh terhadap penurunan kecepatan untuk sepeda motor zebra cross diikuti, rumble strips, marka garis tengah, marka paku jalan, dan marka garis tepi. Sementara untuk Mobil, zebra cross diikuti rumble strips, marka paku jalan, marka garis tengah, dan marka garis tepi. th

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19074
Uncontrolled Keywords: Pusat Kegiatan, kecelakaan, batas kecepatan, percentile 85 , Analytical Hierarchy Process (AHP).
Subjects: S > S587 Speed
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:12
Last Modified: 13 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item View Item