ISLAMIYAH, Rizki (2022) Pengaruh Stres Akademik, Strategi Coping, dan Fasilitas Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB 1-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-RIZKI ISLAMIYAH-C1L018028-2022-WM.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres akademik, strategi coping, dan fasilitas belajar terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan populasi penelitian berjumlah 2.327 mahasiswa dari beberapa jurusan jenjang sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Sampel yang digunakan sebanyak 96 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yakni convenience sampling.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) stres akademik berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik, (2) strategi coping berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik, (3) fasilitas belajar berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik. Adapun implikasi dari kesimpulan di atas yakni: (1) Mahasiswa dapat menurunkan tingkat strategi coping dengan menggunakan strategi coping yang tepat, yaitu strategi problem focused coping seperti dengan orientasi segera menyelesaikan tugas ataupun permasalahan. Apabila menggunakan strategi emotion focused coping perlu diimbangi dengan manajemen waktu yang baik agar tugas yang ada tetap terselesaikan dengan baik dan dikerjakan dengan optimal, (2) Mahasiswa dapat menurunkan tingkat strategi coping dengan menggunakan strategi coping yang tepat, yaitu strategi problem focused coping seperti dengan orientasi segera menyelesaikan tugas ataupun permasalahan. Apabila menggunakan strategi emotion focused coping perlu diimbangi dengan manajemen waktu yang baik agar tugas yang ada tetap terselesaikan dengan baik dan dikerjakan dengan optimal, (3) Mahasiswa dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas yang ada untuk alat bantu belajar dan mengerjakan tugas. Apabila fasilitas belajar di tempat tinggal tidak memadai, mahasiswa dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh kampus seperti perpustakaan yang disediakan oleh universitas dan fakultas. Kata Kunci: stres akademik, strategi coping, fasilitas belajar, prokrastinasi akademik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22494 |
Uncontrolled Keywords: | Stres akademik, Strategi coping, Fasilitas belajar, Prokrastinasi akademik |
Subjects: | A > A19 Academic achievement E > E69 Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs RIZKI ISLAMIYAH |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 00:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 00:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18658 |
Actions (login required)
View Item |