FAHMI, Ahmad Masykur (2022) Pengaruh Perendaman Air Laut Pada Campuran Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) Terhadap Karakteristik Marshall. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Download (281kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2023. Download (284kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2023. Download (592kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2023. Download (643kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Download (266kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Download (410kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ahmad Masykur Fahmi-H1B018029-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Air menjadi salah satu penyebab kerusakan pada struktur perkerasan lentur. Air mempercepat terjadinya oksidasi antara agregat dan aspal, terutama air yang memiliki derajat keasaman tinggi seperti air laut. Banyaknya kerusakan pada jalan akan mengakibatkan kebutuhan aspal meningkat. Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhan aspal di Indonesia masih mengandalkan impor. Sehingga, perlu pengoptimalan sumber daya yang bisa menjadi pengganti aspal minyak. Pemanfaatan aspal buton menjadi solusi alternatif untuk mengurangi biaya impor dan memperbaiki kinerja jalan terhadap air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh air laut pada Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) berdasarkan uji karakteristik Marshall. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan membandingkan hasil yang didapatkan dari pengujian 39 benda uji dengan beberapa variasi jenis air dan durasi perendaman. Asbuton yang digunakan adalah Remalton CPHMA B50/30 dengan Kadar Aspal Optimum 7%. Durasi perendaman air tawar dan air laut yang digunakan adalah 0 jam, 6 jam, 12 jam, 24 jam, 48 jam, 72 jam, dan 120 jam pada suhu 30°C. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perendaman air laut memberikan pengaruh yang signifikan pada benda uji dibanding dengan air tawar. Perendaman air tawar maupun air laut terhadap CPHMA menyebabkan adanya peningkatan pada nilai flow, VMA, VIM dan menyebabkan penurunan pada nilai stabilitas, VFA, MQ, density seiring dengan bertambahnya durasi perendaman yang dilakukan. Nilai flow dengan durasi perendaman 0 jam dibandingkan dengan 120 jam mengalami peningkatan sebesar 31,48% pada perendaman air tawar dan 36,07% pada perendaman air laut. Sedangkan, nilai stabilitas dengan durasi perendaman 0 jam dibandingkan dengan 120 jam mengalami penurunan sebesar 20,51% pada perendaman air tawar dan 28,21% pada perendaman air laut. Campuran CPHMA masih memiliki nilai karakteristik marshall sesuai syarat Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 dengan perendaman air tawar maksimal selama 12 jam dan perendaman air laut kurang dari 6 jam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H22240 |
Uncontrolled Keywords: | CPHMA, karakteristik marshall, perendaman air laut, perkerasan lentur |
Subjects: | R > R285 Roads S > S151 Sea water |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr AHMAD MASYKUR FAHMI |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 07:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18670 |
Actions (login required)
View Item |