Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Difusi Inovasi Pelayanan E-Open di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi

LESTARI, Hilda (2022) Difusi Inovasi Pelayanan E-Open di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2023.

Download (614kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2023.

Download (254kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2023.

Download (136kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hilda Lestari-F1B018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik. Salah satu cara pemerintaah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah dengan menciptakan sebuah inovasi. Dalam upaya peningkatan pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi menciptakan sebuah inovasi e-OPen untuk memberikan kemudahan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi. Akan tetapi pada faktanya dalam pelaksanaan inovasi e-OPen masih belum optimal, hal ini terlihat dari penilaian masyarakat, rendahnya jumlah pengguna aplikasi, masih adanya masyarakat yang tidak mengetahui aplikasi e-OPen dan adanya keterbatasan masyarakat dalam mengakses aplikasi e-OPen. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan Inovasi Pelayanan e-OPen yang dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi dengan menggunakan teori Rogers. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Inovasi Pelayanan e-OPen di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan informannya. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini menggunakan 5 karakteristik menurut Rogers yaitu Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Trialbility, dan Observability. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa inovasi e-OPen memiliki kelebihan dan kekurangan, dilihat dari indikator-indikator yang terdiri dari: 1) Relative Advantage: memudahkan masyarakat Kota Bekasi untuk membuat permohonan pembuatan administrasi kependudukan dimana saja dan kapan saja.2) Compatibility: Setelah membandingkan antara e-OPen dan Simpaduk, terdapat kesesuaian diantara keduanya dimana inovasi e-OPen dan Simpaduk sama-sama untuk membuat dokumen kependudukan. 3) Complexity: kesulitan dalam penerapan e-OPen yaitu ketidaklancaran sinyal pada jaringan handphone. 4) Trialbility: e-OPen sudah melewati uji coba terlebih dahulu sebelum diluncurkan dan digunakan oleh masyarakat. 5) Observability: Inovasi e-OPen dapat diamati oleh seluruh lapisan masyarakat dan kesederhanaan prosedur atau mekanisme pelayanan melalui aplikasi e-OPen sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22387
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, e-OPen
Subjects: C > C432 Civil service
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Hilda Lestari
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:58
Last Modified: 25 Nov 2022 01:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18965

Actions (login required)

View Item View Item