Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Lapak Aduan Banyumas sebagai Sarana Penyaluran Aduan Masyarakat di Kabupaten Banyumas

MUFAROKHAH, Itsnaul Umi (2022) Efektivitas Lapak Aduan Banyumas sebagai Sarana Penyaluran Aduan Masyarakat di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (332kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (373kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2023.

Download (104kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Itsnaul Umi Mufarokhah-F1B018041-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Lapak Aduan Banyumas adalah ruang komunikasi publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas yang memungkinkan masyarakat bisa secara aktif menyampaikan aduan, keluhan, informasi, pertanyaan maupun saran terhadap pembangunan dan pelayanan pemerintah di lingkungan Kabupaten Banyumas. Melalui Peraturan Bupati Banyumas Nomor 44 tahun 2018, Lapak Aduan Banyumas diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat serta sebagai langkah untuk monitoring kinerja pemerintah. Akan tetapi, Lapak Aduan Banyumas yang saat ini sedang mengutamakan untuk memunculkan kebiasaan baru di masyarakat untuk berkomunikasi terhadap pemerintah, masih memiliki beberapa kekurangan. Ulasan negatif dari masyarakat di berbagai media masih menjadi hal yang patut untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Lapak Aduan Banyumas sebagai sarana penyaluran aduan masyarakat di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan berdasarkan pada konsep efektivitas oleh Robert W. Duncan yang terdiri atas tiga aspek yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Selain itu, konsep pelayanan publik, e-government, serta konsep pengaduan dan sistem pelayanan keluhan juga dikaji dalam penelitian ini terutama terkait prinsip-prinsip dasar dalam mekanisme pelayanan aduan oleh Ombudsman yang terdiri atas keadilan, aksesibilitas, dan responsivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga dipilih tiga informan yaitu Koordinator Lapak Aduan Banyumas, Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo Banyumas, dan Staf Lapak Aduan Banyumas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dari segi pencapaian tujuan belum relatif terwujud secara umum karena masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi seperti dalam mewujudkan kesadaran publik dan pemeliharaan pilihan akses. Dari segi integrasi sudah relatif terwujud dengan baik dalam hal sosialisasi, koordinasi, dan pemenuhan prinsip-prinsip penanganan aduan. Kemudian, dari segi adaptasi juga sudah dilakukan dengan baik secara umum, meskipun masih ada yang perlu diperhatikan dalam hal responsivitas terhadap masalah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Lapak Aduan Banyumas sebagai sarana penyaluran aduan masyarakat di Kabupaten Banyumas relatif sudah efektif, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki atau dikembangkan. Masalah-masalah yang ada terkait penanganan aduan oleh Lapak Aduan Banyumas bisa berasal dari masyarakat atau OPD terkait yang bekerja sama untuk menangani aduan. Dengan fokus yang ingin dicapai saat ini yaitu untuk memunculkan kebiasaan baru di masyarakat untuk berkomunikasi dengan pemerintah, Lapak Aduan Banyumas secara umum sudah efektif sebagai sarana penyaluran aduan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22378
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Lapak Aduan Banyumas, Penyaluran Aduan
Subjects: P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Itsnaul Umi Mufarokhah
Date Deposited: 29 Nov 2022 01:29
Last Modified: 29 Nov 2022 01:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item View Item