MELVIL, Kemal Andre (2022) Politik Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca COVID-19 di Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Download (77kB) |
|
PDF
LEGALITAS-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Download (77kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only until 30 November 2023. Download (137kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only until 30 November 2023. Download (227kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Download (76kB) |
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kemal Andre Melvil-F1D017035-Skripsi-2022..pdf Download (132kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang signifikan terhadap Indonesia dalam berbagai aspek, di antaranya adalah pada aspek pendidikan. Pandemi Covid-19 yang terjadi tersebut membawa ketertinggalannya dan terganggunya sistem pembelajaran dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan solusi untuk mengejar ketertinggalan dengan program Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berfokus pada politik implementasi kurikulum merdeka pada tingkat sekolah dasar di Desa Pekalongan, Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui politik implementasi kebijakan kurikulum merdeka.(2) menganalisis faktor pendukung serta penghambat implementasi program kurikulum merdeka tingkat sekolah dasar di Desa Pekalongan. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, yang hasilnya adalah: (1) Guru adalah sebagai implementator dan street level bureaucracy yang memiliki peran signifikan dan mempunyai keleluasaan serta kuasa terhadap implementasi Program Kurikulum Merdeka (2) Implementasi Kurikulum program Merdeka pada tingkat sekolah dasar di Desa Pekalongan telah dilaksanakan meskipun belum sepenuhnya efektif. (3) Terdapat kendala dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka yaitu kurangnya kesiapan sekolah untuk menggunakan Kurikulum Merdeka dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada tenaga kependidikan. Hal ini menyebabkan kurangnya pengetahuan tentang kurikulum baru ini. Kemudian juga keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan kurikulum mandiri, seperti keterbatasan akses digital dan internet.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F22452 |
Uncontrolled Keywords: | pandemi, implementasi kebijakan, sekolah dasar, kurikulum |
Subjects: | E > E71 Education Curricula P > P402 Politics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mr Melvil Kemal Andre |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 07:54 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 07:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19100 |
Actions (login required)
View Item |