ARIF, Pribadi (2022) Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (613kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (506kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2023. Download (798kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2023. Download (956kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2023. Download (871kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (744kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Download (463kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - PRIBADI ARIF - C1L018020 - SKRIPSI - 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto yang memperoleh nilai ulangan harian pada mata pelajaran ekonomi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga menyebabkan rendahnya ketuntasan klasikal yang diperoleh setiap kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada prosesnya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa model Quantum Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Purwokerto. Hal tersebut terbukti dari nilai t hitung dengan angka 2,401 > t tabel dengan angka 1,667 pada tingkat signifikansi sebesar 0,05. Selain itu, pengaruh model Quantum Learning dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang mencapai 81,25 dengan ketuntasan klasikal di angka 88% yang melampaui kriteria ketuntasan klasikal dari Depdikbud yang ada di angka 85%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22521 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Pribadi Arif |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 00:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 00:26 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19196 |
Actions (login required)
View Item |